•   Kamis, 17 Oktober 2019
Peristiwa Nasional

Meminimalisir Resiko Kebakaran Hutan, KPH Tuban Gelar Simulasi

( words)

SURABAYAPAGI.COM, Tuban - Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Perhutani Tuban menggelar apel pengendalian kebakaran hutan dan lahan (DALKARHUT) di Petak 4B Resort Pemangkuan Hutan Sigagak, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Sundulan, Desa Gesing, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Jum’at, (19/7/2019). Gelaran apel tersebut, disertai dengan simulasi langkah pertama pencegahan sekaligus pemadaman kebakaran hutan.

Terlihat beberapa petugas memperagakan tata cara memadamkan api dengan alat- alat sederhana mulai dari ranting sampai alat penebas dari bahan anyaman bambu. Apel dan simulasi yang turut dihadiri perwakilan dari BPBD, Dinas Lingkungan Hidup, Polres, dan Kodim 0811 Tuban itu digelar sebagai wujud kesigapan bersama semua elemen, dalam menghadapi meningkatnya resiko kebakaran hutan selama musim kemarau berlangsung. KPH Tuban sendiri memangku kurang lebih seluas 2860 hektar wilayah hutan yang terbagi di 3 kabupaten, yakni Kabupaten Tuban, Lamongan dan sebagian kecil di Kabupaten Gresik. Tulus Budyadi selaku ADM KPH Tuban mengatakan jika titik fokus pengawasan dan penangananan kebarakan adalah yang berada dijalur pantura, hal itu disebabkan jalur tersebut ramai lalu lintas pengguna jalan.

"Kita sudah melakukan pemetaan kawasan yang disinyalir rawan muncul titik api dan utamanya dikawasan hutan yang berada disepanjang jalur pantura" ungkapnya. Tulus juga mengatakan, jika pihaknya akan meletaka baner yang berisi himbauan kepada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas pembakaran di kawasan hutan. Baik itu untuk membuka lahan pertanian, pembakaran sampah atau lainya yang dapat beresiko memicu kebakaran hutan. "Nanti kita juga akan membuat himbauan secara tertulis dan kita letakan di tempat- tempat yang mudah terlihat oleh masyarakat".

Berita Populer