Ratusan Polisi Dikerahkan Amankan Pendaftaran Bapaslon ke KPU

Aparat Kepolisian Polres Lamongan saat menggelar giat di PP Sunan Drajat Paciran. SP/ Muhajirin Kasrun

SURABAYAPAGI.com, Lamongan - Mulai Jum'at (4/9/2020) KPU Lamongan resmi membuka pendaftaran Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati. Sudah ada dua Bapaslon yang mengkonfirmasi akan mendaftar, dan ratusan aparat Kepolisian akan diterjunkan untuk mengamankan proses pendaftaran.
 
Kapolres Lamongan, AKBP Harun saat dikonfirmasi, Kamis (3/9/2020) menyebutkan, kalau pihak Kepolisian mengaku sudah siap untuk mengamankan hajat 5 tahunan ini, yang diawali dengan proses pendaftaran Bapaslon oleh para kandidat.
 
"Pada prinsipnya kita sudah siap, dan beberapa hari yang lalu juga sudah kita lakukan rapat koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mengatur skenario pengamanan dalam proses pendaftaran," kata Harun panggilan akrab Kapolres Lamongan.
 
Disebutkan olehnya, pihaknya dalam pengamanan ini akan menerjunkan 205 personil, yang akan disebar di lokasi acara hingga di tempat-tempat strategis di sekitar lokasi Kantor KPU. "Kita siapkan 205 personil," ujarnya.
 
Polisi kata Harun, juga akan mensterilkan kawasan di sekitar Kantor KPU, untuk mengantisipasi membludaknya massa yang ikut mengantar dan mendampingi Bapaslon, meski yang boleh masuk ke ruangan KPU terbatas. "Skenario jalan menuju depan Kantor KPU bisa kami alihkan untuk mengantisipasi membludaknya massa,"akunya.
 
Kendaraan dari arah barat menuju ke timur, bisa dialihkan ke jalan Pahlawan Utara dan Selatan, sedangkan kendaraan dari arah timur ke barat akan dialihkan ke jalan Sunan Giri. "Jadi kalau bisa untuk besok kendaraan yang mau melintasi depan Kantor KPU, untuk kiranya mencari jalan alternatif, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," ungkapnya.
 
Sementara itu, Ketua KPU Lamongan Mahrus Ali saat dikonfirmasi menyebutkan, kalau di hari pertama Jum'at (4/9/2020) ada dua Bapaslon yang mengkonfirmasi akan mendaftar. 
 
Bapaslon yang akan mendaftar Jum'at pukul 09.00 Wib adalah Bapaslon Suhandoyo-Suudin, sedangkan Bapaslon Kartika Hidayati-Saim akan mendaftar pukul 14.00 Wib. "Jadi sementara untuk hari pertama yang akan mendaftar 2 pasangan bakal calon" terangnya.
 
KPU sendiri lanjutnya, saat ini telah mempersiapkan segala kebutuhan terkait pendaftaran, dan pada intinya KPU mengaku sudah siap menerima Bapaslon untuk daftar. "Kami sudah siap menerima Bapaslon untuk mendaftar," terangnya.
 
Hanya saja kata Mahrus Ali, yang masuk ke kantor KPU nantinya akan dibatasi, selain dari Bapaslon, juga dari suami dan istri Bapaslon. Ketua dan sekretaris Partai pengusung dan pendukung. "Sesuai PKPU yang boleh masuk saat pendaftaran selain Bapaslon, juga suami dan istri Bapaslon, serta ketua dan sekretaris pengusung atau pendukung Bapaslon," jelasnya.  jir