Badai Eleanor Terjang Prancis, menyebabkan Korba Jiwa

SURABAYAPAGI.COM, Paris - Badai Eleanor menerjang wilayah Prancis hingga menewaskan satu orang dan melukai 26 orang lainnya. Badai ini juga memutuskan aliran listrik bagi puluhan ribu rumah warga setempat.

Dituturkan otoritas darurat Prancis, seperti dilansir Reuters, Kamis (4/1/2018), bahwa satu orang yang tewas itu sedang bermain ski di lereng yang dipenuhi salju, saat tiba-tiba batang pohon menimpa dirinya.

Badai Eleanor bergerak dengan membawa angin kencang yang mencapai 140 kilometer per jam. Di Pulau Corsica yang masih berada di wilayah Prancis, badai ini memicu tiga kebakaran hutan sehingga layanan kapal feri antara pulau itu dengan daratan utama Prancis terpaksa dihentikan.

Salah satu kebakaran hutan mengepung sebuah desa yang terdiri atas 60 rumah warga.

Badai ini awalnya memutus aliran listrik bagi 225 ribu rumah warga. Namun sebagian besar aliran listrik kembali pulih pada Rabu (3/1) siang waktu setempat. Masih ada sekitar 35 ribu rumah warga yang belum mendapat aliran listrik hingga malam hari.

Wilayah yang terkena dampak terputusnya aliran listrik antara lain Alsace, Franche-Comte dan Lorraine. Beberapa area di sekitar Paris, Picardie dan Champagne-Ardenne juga terkena dampaknya.

Badai Elenanor juga menerjang wilayah Inggris dan Swiss, selain Prancis.

Selain badai Eleanor, Prancis juga dilanda badai musim dingin Carmen pada awal tahun ini. Badai Carmen menerjang wilayah Prancis bagian barat pada 1 Januari dan memutuskan aliran listrik di sekitar 40 ribu rumah warga di wilayah Brittany. (nov/det)