Calon gubernur Jawa Timur yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PBB) dan PDI Perjuangan, Syaifullah Yusuf atau Gus Ipul menemui warga

SURABAYAPAGI.com, Surabaya -  Dua pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama Emil Elestianto Dardak dan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) bersama Puti Guntur Soekarno, menjalani pemeriksaan psikologi dan kesehatan di Graha Amerta RSUD dr Soetomo Surabaya, Kamis (11/1).

Emil Elistianto Dardak mengenakan baju putih dan celana warna kecoklatan, datang terlebih dahulu menjelang pukul 07.00 WIB, kemudian langsung menuju lantai 2 Graha Amerta.

"Selamat pagi kawan-kawan wartawan. Matur nuwun-matur nuwun," kata Emil kepada awak media.

Selang sekitar 10 menit kemudian Khofifah Indar Parawansa hadir di Graha Amerta. Emil yang sudah berada di lantai 2, turun menemui Khofifah, bersalaman, lalu keduanya naik ke lantai 2 Graha Amerta.

Menjelang pukul 07.30 WUB, pasangan cagub cawagub Syaifullah Yusuf - Puti Guntur Soekarno, datang bersama-sama. 

Gus Ipul sapaan Syaifullah Yusuf mengenakan baju koko warna putih celana hitam, menyapa para relawannya, lalu menemui awak media.

"Yok opo rek? Wes akeh tah stok fotone? Aman yoo?," sapa Gus Ipul sambil berjalan menuju tangga dan kemudian bersama Putih Guntur Soekarno sejenak berhenti di tangga untuk diabadikan para awak media.

Salah satu tim pemenangan Khofifah-Emil, Ari Kusuma menyampaikan bahwa pemeriksaan psikologi dan kesehatan pagi ini merupakan pemeriksaan yang wajib dilakukan setiap pasangan Cagub dan cawagub Pilkada Jatim 2018.

"Pagi ini pemeriksaan kesehatan wajib diikuti pasangan cagub cawagub Pilkada Jatim 2018 setelah melakukukan pendaftaran di KPUD Jawa timur. Semalam ibu Khofifah dan mas Emil sehat-sehat saja, sebelum berangkat tadi juga saling berkomunikasi lewat handphone," kata Ari Kusuma.

Direktur RSUD Dr. Sutomo, Dr. Harsono mengatakan, pemeriksaan kesehatan hari ini diperkirakan akan memakan waktu sekitar empat jam.

Untuk hari pertama yakni pemeriksaan psikiater. Hingga saat ini pemeriksaan paslon masih berlangsung. Akses pemeriksaan di lantai dua dijaga ketat petugas keamanan.