Galeri Nasional

SURAYAPAGI.com - Tidak ada salahnya untuk memberi sedikit hadiah karena usaha sekian bulan menyelesaikan skripsi. Salah satu cara adalah dengan rekreasi untuk melepas penat mengerjakan penelitian.

Wisata murah di sekitar daerah Jakarta. Lokasinya juga mudah ditempuh dengan kendaraan umum, seperti berikut ini:

1. Taman Mini Indonesia Indah

Berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dapat mejadi pilihan berwisata. Selain dapat melihat anjungan daerah, rumah adat dari seluruh provinsi di Indonesia, TMII juga memiliki berbagai museum keren dan taman flora serta fauna.

Untuk menuju TMII dapat menumpang Transjakarta dengan jurusan Pinang Ranti, berhenti di terminal Garuda Taman Mini kemudian naik angkot merah KWK nomor S15A. Di TMII, dapat menyewa sepeda untuk berkeliling obyek wisata. Tiket masuk per orang di TMII dihargai Rp 15.000.

2. Kebun Raya Bogor

Ingin merasakan suasana yang berbeda dari Jakarta? Kebun Raya Bogor menjadi pilihan yang murah meriah. Dapat ditempuh dengan KRL jurusan Bogor dari Jakarta dengan harga tiket maksimal Rp 6.000.

Selain ke Kebun Raya Bogor juga dapat bertualang kuliner di Kota Hujan yang terkenal lezat. Jadwal KRL terakhir dari Bogor menuju Jakarta adalah pukul 21.47 WIB.

3. Galeri Nasional

Galeri Nasional terletak di Jalan Medan Merdeka Timur Nomor 4, Jakarta Pusat. Selalu ada pameran temporer sepanjang tahun. Galeri Nasional merupakan tempat yang tepat untuk melihat karya seni seniman asal Indonesia dan luar negeri.

Tidak dipungut biaya untuk melihat pameran di Galeri Nasional. Lokasinya dapat ditempuh dengan menumpang Transjakarta berhenti di Halte Gambir.

RPTRA Kalijodo menjadi salah satu lokasi rekreasi libur Natal, Senin (25/12/2017).

4. RPTRA Kalijodo

Berwisata sambil olahraga di RPTRA Kalijodo. Untuk menujur RPTRA Kalijodo dapat menumpang KRL berhenti di Angke, atau menumpang Transjakarta jurusan Jembatan Besi kemudian dilanjutkan dengan naik angkutan umum.

Di sana ada lokasi untuk bermain skateboard, sepeda, dan ada gezebo untuk pengunjung bernyanyi.

5. Pelabuhan Sunda Kelapa

Bagi mahasiswa yang gemar dengan dunia fotografi, Pelabuhan Sunda Kelapa dapat menjadi alternatif wisata yang seru. Banyak kapal kayu yang bersandar di Pelabuhan Sunda Kelapa yang menambah eksostis pelabuhan tertua di Jakarta ini.

Turis kapal pesiar MS Rotterdam berbincang-bincang dengan penduduk di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Kamis (19/2/2015).

Menuju Sunda Kelapa, Anda dapat menumpang Transjakarta atau KRL berhenti di Stasiun Kota Tua, lantas melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki. Jika lelah bisa menumpang mikrolet nomor M 15. Harga masuk ke Pelabuhan Sunda Kelapa per orang Rp 2.500. (kp/cr)