Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol. Frans Barung Mangera. (SP/NT)

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Surabaya Agar Jawa Timur terjaga aman. Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) telah menghapus atau men-take down sebanyak 402 akun media sosial yang dinilai meresahkan.
 
Dan, Akun sebanyak itu, merupakan hasil pemantauan Tim Siber Polda Jatim, sejak Oktober 2017 sampai 19 Januari 2018.
 
Hal ini ditegaskan Kabid Humas Polda Jatim - Kombes Pol Frans Barung Mangera, sebelumnya Polda Jatim telah menghapus akun medsos tersebut sebanyak 382.
 
"ini sudah 402 akun yang sudah kita delete atau kita take down atau kita hilangkan dari pusaran di dunia siber, karena sangat mempengaruhi harkamtibmas," jelasnya, Jumat (19/1/2018).
 
Berdasarkan analisa kepolisian, ratusan akun yang dihapus tersebut, lebih banyak berisi konten konten negatif. 
 
"Di akun ini sengaja diciptakan untuk menyebarkan SARA, menyebarkan kebencian, menyebarkan yang namanya hoax," tambahnya.
 
Polisi akan semakin intensif melakukan pemantauan terhadap akun akun media sosial atau siber patrol, terlebih momen Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di 18 Kabupaten Kota dan 1 Pemilihan Gubernur - Wakil Gubernur Jatim. 
 
"Karena ini akan selalu bernuansa daripada pembelaan secara militansi yang luar biasa terhadap para kandidatnya," imbuhnya.nt