SURABAYAPAGI.com, TOKYO - Salah satu impian warga Jepang kelas bawah, memiliki mobil dengan mesin (CC) kecil disebut keijidosha, adalah mengubah pelat kuningnya menjadi pelat putih.

Kini impian tersebut terkabulkan mulai Oktober 2017 lalu.

"Masih banyak yang belum tahu kalau pelat kuning mobil mereka bisa berubah putih saat ini dan caranya juga mudah," ungkap sumber Tribunnews.com di Kementerian Transportasi Jepang, Sabtu (20/1/2018).

Informasi ini bagi banyak orang Jepang (70 persen) masih belum diketahui dan begitu mengetahui umumnya berkeinginan mengubah warga pelat mobil kuning dengan warna putih.

"Kalau pelat mobil warna kuning rasanya gimana gitu, gak percaya diri, kampungan mungkin ya. Tapi kalau ganti ke pelat putih kan keren," kata Jiro Suzuki yang punya keijidosha mobil Suzuki.

Menurutnya, seperti mimpi saja bisa mengubah pelat kuning menjadi putih.

Karena menurut hukum perundangan yang ada di Jepang, mobil CC kecil keijidosha hanya bisa pakai pelat warna kuning saja.

Lalu bagaimana caranya mengganti pelat warna kuning menjadi pelat warna putih?

"Mudah saja. Bisa kontak penjual mobil di toko atau bisa proses melalui internet untuk penggantian tersebut. Tinggal bayar 7080 yen sebagai uang administrasi. Selesai," kata sumber itu.

Pelat nomor polisi yang sudah jadi pun akan segera dikirimkan ke pemilik mobil dengan kurun waktu sekitar 10 hari.

Jangan lupa plus biaya ongkos kirim sekitar 1000 yen.

Pelat putih pilihan, ada 2 macam yaitu polos putih dan satu lagi corak kembang api warna warni seolah pembukaan Olimpiade 2020.

Kedua pelat putih tersebut memiliki logo Olimpiade di pojok kanan atasnya.

Hal itu juga berlaku untuk nomor pelat polisi yang biasa.

Kalau nomor pelat polisi pilihan, apabila kita mau membeli mahal, tergantung nomor yang kita pilih.

Harga sekitar 20.000 yen sampai dengan 300.000 yen karena menggunakan nomor khusus misalnya nomor 2020 (tahun Olimpiade) atau angka yang sama 77-77 (lucky seven), dan sebagainya.