Ilustrasi

SURABAYAPAGI.com - Masyarakat Tionghoa akan merayakan tahun baru China atau Imlek pada 16 Februari 2018. Momen ini menjadi waktu yang tepat untuk mengenal lebih jauh kebudayaan Tionghoa dan merasakan kemeriahan tahun baru China bersama keluarga atau teman-teman Anda. 

Liburan panjang akhir pekan ini bisa Anda memanfaatkan untuk berwisata ke pecinan untuk merasakan keseruan Imlek bersama keluarga. Anda bisa menyaksikan berbagai atraksi kebudayaan seni Tionghoa, seperti pertunjukan kesenian barongsai dan lianglion.

Berikut adalah destinasi wisata pecinan yang bisa Anda kunjungi di Indonesia. 

 

1. Petak Sembilan, Glodok, Jakarta 

Glodok merupakan pusat permukiman warga Tionghoa di Jakarta. Menyambut Imlek kawasan Petak Sembilan telah dipenuhi oleh ribuan lampion merah. 

Di sini Anda bisa mengunjungi Wihara Dharma Bhakti, salah satu wihara tertua di Jakarta. Wihara ini dibangun pada tahun 1650. Saat Imlek ribuan umat Buddha mengunjungi wihara ini untuk berdoa.   

Di sini Anda bisa berfoto dengan latar belakang arsitektur Tionghoa, mencicipi makanan China, dan membeli pernak-pernik khas China dengan harga yang terjangkau. 

2. Kota Seribu Klenteng Singkawang, Kalimantan Barat 

 

 

Kota Singkawang merupakan salah satu pusat permukiman Tionghoa di Indonesia. Pada hari raya Imlek, kota ini bakal dipenuhi dengan ornamen China berwarna merah. Imlek di kota Singkawang dirayakan dengan berbagai pertunjukan kesenian Tionghoa, pawai, lampion, dan pagelaran barongsai. 

3. Solo, Jawa Tengah 

 

 

Warga Solo merayakan Imlek dengan menggelar Grebeg Sudiro, yang menampilkan perpaduan budaya Jawa dan Tionghoa. Tahun ini festival Imlek di Solo digelar mulai 10 Februari hingga 2 Maret 2018 di kawasan Pasar Gedhe Solo. Tahun baru China dimeriahkan dengan barbagai festival, seperti Festival Lampion, Grebeg Sudiro, kembang api, dan diakhiri dengan Cap Go Meh.

4. Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung Masyarakat Tionghoa di Pangkalpinang merayakan Imlek dengan berbagai pertunjukan grup barongsai dan pesta kembang api. Perayaan Imlek di Pangkal Pinang berpusat di Kelenteng Kwan Tie Miaw. Klenteng ini dibuat pada 1841 berdasarkan inisiatif pemerintahan Dinasti Ching kala itu.  

5. Surabaya, Jawa Timur

 

 

Surabaya juga merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki komunitas Tionghoa yang sangat besar. Perayaan Imlek di Surabaya terpusat di wihara Hong Tiek Hian. 

Jangan lewatkan berkunjung ke Kya-Kya Kembang Jepun, yang merupakan pasar malam di kawasan pecinan Surabaya. Di sini berdiri kios-kios menjual berbagai macam makanan khas Tionghoa dan Surabaya. (viv/cr)