Berbagai Jenis Teh

SURABAYAPAGI.com - Di Indonesia minum teh sudah seperti menjadi kebiasaan atau budaya sebagian besar masyarakat. Ada yang hanya ingin rileks, teman mengobrol bersama teman, atau minum teh sebagai langkah untuk menurunkan berat badan.

Dalam hal ini, teh hijau menjadi pilihan populer orang-orang yang ingin memiliki tubuh langsing. Tapi, selain teh hijau, ternyata ada beberapa jenis teh yang memiliki manfaat sama, bahkan Anda bisa mendapatkan khasiat lain.

Berikut 5 teh yang dapat membantu Anda mendapatkan tubuh langsing.

Teh bunga lawang - jaga kesehatan pencernaan

Bunga lawang, buah dari pohon cemara kecil (llicium verum) asli ke China, bisa digunakan dalam pengobatan masalah pencernaan seperti sakit perut, diare, dan mual. Seseorang mungkin minum teh yang dibuat dari bunga lawang dengan menyeduh keseluruhan polong dalam satu cangkir air panas selama 10 menit. Saring dan maniskan jika dibutuhkan, seruput perlahan-lahan saat terjadi sakit perut.

Teh peppermint - kendalikan apa yang Anda makan

Jika anda menyukai teh peppermint, cobalah dan diselingi dengan minum teh hijau, karena keduanya mempercepat pencernaan, sehingga membakar lebih banyak kalori. Daun peppermint bisa digunakan untuk membuat teh yang bersahabat sekaligus menyegarkan, di mana bisa diminum panas atau dingin. Untuk menyiapkan teh, ambil satu sendok makan daun segar atau kering, lalu masukkan ke air mendidih dan biarkan 4 sampai 5 menit. Setelah itu, saring dan tambahkan madu jika perlu sebagai pemanis alami.

Teh hijau - meningkatkan metabolisme

Penelitian mengatakan, kimia EGCG dalam teh hijau yang mempercepat metabolime tubuh, bertanggungjawab untuk membantu orang menurunkan beberapa kilogram berat badan, dapat membakar 70 kalori dalam sehari! Teh hijau juga meningkatkan tingkat antioksidan. Diyakini katekin antioksidan dalam teh hijau meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lemak.

Teh mawar

Salah satu teh penyedap tertua adalah teh mawar. Teh ini dibuat dengan mencampur mawar segar dan kuncup teh-memiliki efek terapeutik utama pada tubuh manusia. Selain membersihkan racun dan mempercantik kulit, teh mawar mengandung vitamin A, B3, C, D dan E yang diketahui dapat melawan infeksi. Hal ini juga mencegah sembelit dan membantu seseorang menurunkan berat badan.

Teh Oolong

Penelitian mengungkapkan, teh oolong memiliki efek yang lebih kuat daripada teh hijau. Teh oolong mendorong pembakaran lemak yang bisa membantu mengurangi kolesterol dan konsentrasi lemak dalam tubuh. Sekira 2 cangkir per hari dianjurkan untuk Anda minum demi menurunkan berat badan. (oz/cr)