Keju

SURABAYAPAGI.com - Pilihan terhadap makanan sangat penting, karena berkaitan langsung dengan kesehatan. Salah satunya makanan yang memengaruhi kadar kolesterol.

Perlu diketahui bahwa tubuh membutuhkan kolesterol untuk memproduksi hormon, vitamin D, serta berbagai zat yang dapat membantu pencernaan. Namun, jika mengonsumsi makanan yang mampu meningkatkan kadar kolesterol secara berlebihan akan memberikan dampak berbahaya bagi tubuh.

Agar kadar kolesterol dalam tubuh Anda tetap terjaga, kenali beberapa jenis makanan kolesterol tinggi berikut:

Jeroan hati

Tingkat kolesterol tinggi pada hewan terdapat di dalam organ hati. Meskipun kaya akan kandungan zat besi, hati menjadi sumber utama kolesterol karena merupakan tempat pembuatan dan penyimpanan kolesterol dalam tubuh.

Margarine

Kebanyakan orang berasumsi margarine akan lebih baik untuk kesehatan jangka panjang daripada mentega, yang diketahui mengandung banyak kolesterol dan lemak jenuh. Ternyata anggapan tersebut salah, penelitian menunjukkan bahwa beberapa bentuk margarine khususnya hard stick margarines, lebih buruk untuk jantung daripada mentega, ini karena mengandung sebagian besar lemak trans dari minyak terhidrogenasi.

Keju

Berbagai jenis keju mengandung kolesterol dan lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol. Bagi pencinta keju, Anda harus menggunakan keju rendah lemak yang dapat menurunkan kalori dalam makanan.

Popcorn microwave

Popcorn dapat jadi baik atau buruk bagi kesehatan tergantung bagaimana cara membuatnya.Popcorn microwave sering dibuat dengan mentega, garam, dan minyak yang tidak baik untuk kesehatan. Hal ini dapat membuat kadar kolesterol meningkat karena ekstra seperti mentega. Jika Anda ingin menyiapkan semangkuk popcorn sehat dapat membuat popcorn tanpa mentega tambahkan sedikit minyak zaitun dan keju parmesan untuk membatasi kadar kolesterol.

Kuning telur

Salah satu makanan yang paling umum kolesterol tinggi yang harus dihindari adalah kuning telur. Anda tahu bahwa telur merupakan pilihan baik untuk sarapan karena mengandung banyak nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Tapi telur juga kaya kolesterol yang tidak baik untuk penderita penyakit jantung.

Daging Merah

Daging merah yang berasal dari sapi, domba, dan babi cenderung mengandung lebih banyak kolesterol daripada lemak jenuh. Selain mampu meningkatkan kolesterol, daging merah juga mampu memperburuk kondisi penyakit jantung. American Heart Association menganjurkan ikan salmon, kacang-kacangan, serta ayam yang tidak digoreng sebagai pengganti yang lebih baik.

Makanan cepat saji

Makanan cepat saji sangat tidak baik untuk tubuh seperti kentang goreng, shake dan chesse burger yang merupakan salah satu makanan kolesterol tinggi.

Es Krim

Satu sendok es krim memiliki kadar lemak dan kolesterol yang lebih tinggi dibanding burger dan donut. Semangkuk es krim memiliki 4,5 gram lemak jenuh. Kudapan seperti frozen yogurt yang rendah lemak dan buah-buahan dapat menjadi alternatif pengganti es krim.

Seafood

Meski ada banyak manfaat kesehatan mengonsumsi kerang, tapi penderita penyakit jantung atau kolesterol tinggi harus menghindari makanan ini. Tiga ons lobster mengandung kolesterol 61 mg, dan itu tidak termasuk mencelupkannya ke dalam mentega cair. Selain kerang, cumi – cumi, kepiting dan udang juga sarat akan kolesterol tinggi. (oz/cr)