Alat Peraga kampanye

SURABAYAPAGI.com, Pamekasan - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan menyebarkan 643 alat peraga kampanye (APK) dalam rangka sosialilisasi pelaksanaan pilkada serentak yang dijadwalkan Rabu (27/6/2018) mendatang.

Jumlah APK tersebut disebar di 178 desa dan 11 kelurahan di 13 kecamatan berbeda di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam, terdiri dari berbagai jenis APK. Meliputi lima baliho ukuran jumbo, 378 spanduk untuk desa dan kelurahan serta 260 umbul-umbul.

"Penyebaran alat peraga kampanye ini sebagai upaya menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat, guna menekan angka golput (golongan putih) saat pemungutan suara nanti," kata salah satu Komisioner KPU Pamekasan Moh Syamsul Muarif, Kamis (22/2/2018).

Pemasangan alat peraga kampanye oleh petugas KPU ditempatkan di berbagai titik strategis, tentunya di area yang diperkenankan untuk pemasangan alat peraga sosialisasi. "Kampanye pilkada sudah dimulai sejak 15 Februari 2018, nantinya akan berlangsung hingga 20 Juni 2018," ungkapnya.

Saat ini pola kampanye berbeda dengan sebelumnya, karena institusi penyelenggara pemilu menyiapkan berbagai peraga kampanye. "Kalau dulu alat peraga kampanye dilakukan masing-masing calon atau tim pemenangan, namun kali ini oleh institusi penyelenggara pemilu. Dalam hal ini KPU," jelasnya.

Pada pelaksanaan pilkada serentak 2018 mendatang, sosok Badrut Tamam akan bersanding bersama Raja'e. Paslon yang akrab disebut Berbaur didukung empat parpol berbeda, yakni Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Sementara sosok KH Kholilurrahman berpasangan dengan Fathor Rohman sebagai calon wakil bupati. Paslon Kholifah didukung empat parpol berbeda, meliputi Partai Demokrat (PD), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Nasional Demokrat (NasDem) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). (bj/irs)