Ilustrasi

SURABAYAPAGI.com - Belakangan ini hujan sering turun tiba-tiba. Siang hari cerah berawan, sore tiba-tiba mendung. Namun, traveling selama musim hujan bisa membuat Anda merasakan keindahan alam yang berbeda dan mendapatkan pengalaman unik.

Di Indonesia puncak musim hujan akan berlangsung hingga Februari dan bagi Anda yang ingin berlibur, tidak ada salahnya untuk menjelajah di musim hujan, karena ini adalah salah satu musim terbaik untuk berjalan-jalan.

Nah, sebelum keluar rumah dan mengangkat tas ransel, ada baiknya Anda simak tips traveling saat musim hujan, berikut ini agar perjalanan Anda semakin terkesan.

1. Kemas barang dengan tas yang kedap. Jika Anda akan mendaki gunung, maka sudah sepatutnya membawa tas yang kedap air atau lindungi tas dengan rain cover, agar barang yang dibawa tidak basah. Barangmu akan basah Jangan khawatir, karena ada sedikit yang bisa Anda lakukan.

2. Bawa atau pakai jaket kedap air yang ringan dan ringkas. Selain bisa melindungi Anda dari basah, jaket ini juga mudah dilipat untuk disimpan dalam tas. Bagi pendaki gunung jaket kedap air atau waterproof tersebut juga sangat penting karena bisa menjaga badan tetap kering walau cuaca di jalur pendakian atau puncak tidak stabil.

3. Memilih dan menggunakan jam tahan air ini bisa menyelamatkan Anda dari sulitnya melihat waktu pada ponsel yang biasanya bisa melakukan banyak tugas. Dengan menggunakan jam tangan kedap air, maka Anda bisa mengetahui waktu kapan saja, meskipun sedang hujan deras.

4. Cari penawaran paket liburan yang cocok. Musim hujan sering terjadi saat sebagian besar wisatawan menghindarinya. Jika Anda mencari lebih teliti, Anda mungkin bisa menemukan tiket yang lebih murah untuk kunjungan atau tarif hotel miring.

5. Mencari dan mengamati objek wisata dan daerah yang akan dikunjungi, karena beberapa daerah ada yang tidak cocok dikunjungi saat musim hujan dan bisa saja liburan Anda justru akan berjalan tidak seperti yang Anda harapkan.

6. Jangan mencoba untuk tetap kering. Jika Anda adalah seseorang yang akan mengeluh saat hujan dan khawatir basah sepanjang hari, maka jangan bepergian saat musim hujan! Pasalnya. Anda harus diguyur hujan dan siap untuk bepergian serta menjelajahi saat hujan turun di sekitar Anda.

7. Siap untuk keterlambatan penerbangan karena cuaca adalah alasan nomor satu untuk penundaan penerbangan di seluruh dunia. Jika Anda bepergian selama musim hujan, mungkin ada penundaan di beberapa titik selama perjalanan Anda. Bersiaplah dengan risikonya dan nikmati. (oz/cr)