Ilustrasi Rematik

SURABAYAPAGI.com - Rematik merupakan penyakit yang bisa mengancam nyawa, rematik umumnya menyerang orang lanjut usia. Namun, dewasa ini banyak anak muda yang baru masuk usia 30-an sudah banyak terkena masalah rematik. Banyak sekali pemicu masalah rematik seperti obesitas, kebiasaan merokok, makan tinggi lemak dan kebiasaan minum alkohol.
 
Ketika Anda terkena masalah rematik, biasanya sendi-sendi kecil di tubuh akan mengalami sakit, kaku, panas yang cukup menyakitkan. Rematik merupakan penyakit yang sering diabaikan, untuk itu Anda perlu waspada. Nah jika Anda menderita rematik berikut ada bahan alami yang bisa bantu menyembuhkan penyakit rematik.
 
1. Jahe
 
Jahe merupakan bahan dapur pertama yang serbaguna, selain digunakan mama untuk rempah bahan makanan jahe bisa dimnfaatkan sebagai obat tradisional yang menyembuhkan beragam masalah kesehatan, termasuk penyakit rematik. Caranya mudah anda tinggal ambil 2 potong jahe, lalu bersihkan. Setelah itu iris tipis, selanjutnya irisan jahe ini rebus berasam air, Lalu tambah gula merah dan diamkan hingga mendidih. Setelah mendidih anda tinggil meniriskannya lalu sajikan pada gelas. Dan anda bisa meminum ramuan ini setiap hari sampai rematik sembuh.
 
2. Rebusan Kulit manggis
 
Rebusan kulit manggis merupakan bahan selanjutnya yang bisa menyembuhkan penyakit rematik. Kulit manggis disebut sebagai bahan alami yang mengnadung antioksidan tingkat tinggi yang bisa menymebuhkan beragam masalah seperti rematik contohnya. Anda bisa mengambil kulit manggis, lalu keringkan, Setelah itu iris tipis dan rebus bersama air. Setelah mendidih, anda bisa menrisikan air tersebut untuk diminum. Minumlah ramuan ini setiap hari sekali dalam sebulan, rematik bisa disembuhkan secara perlahan.
 
3. Cengkeh
 
Cengkeh merupakan rempah selanjutnya yang bisa mengatasi masalag rematik dan masalah persendian lainnya. Caranya sangat mudah anda tinggi ambil cengkeh setelah itu tumbuh ingga halus, tambahakan air dan aduk hingga menjadi pasta. Tumbukan cengkeh ini bukan untu diminum. Tumbukan cengkeh ini digunakan sebagai pengobatan diluar. Anda bisa menempelkan  tumbukan cengkeh pada area nyeri akibat rematik. Taruhlah tumbukan tersebut dan diamkan hingga 10-15 menit, lakukan cara ini setiap hari sampai rematik sembuh. (viv/cr)