Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Machfud Arifin memberikan penyematan pita kepada anggota tadi pagi di lapangan Mapda Jatim.

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jatim dan jajaran, secara serentak menggelar Operasi Keselamatan Semeru 2018. Operasi ini dimulai pada Senin (5/3/2018).

Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin, seusai memimpin gelar pasukan Operasi Keselamatan menjelaskan, operasi ini dimulai secara serentak, secara nasional, tanggal 5 sampai tanggal 26 Maret 2018. 
 
"Jadi 21 hari, tiga minggu dilaksanakan," jelasnya, Kamis (1/3/2018).
 
Selain menekan angka kecelakaan lalu lintas dan meminimalisir jumlah korban jiwa, Operasi ini sekaligus menjadi Operasi Cipta Kondisi saat masa kampanye Pilkada serentak 2018.
 
"Supaya jangan ada korban dalam berkampanye. Ya kita harapkan adalah keselamatan itu tidak ada korban. Jadi yang berlalu lintas minimalisir ada kecelakaan, semua selamat," tambahnya.
 
Berdasarkan data Polda Jatim, angka kecelakaan di Jatim sepanjang tahun 2016 lalu menelan korban jiwa lebih dari 5.700an, sedangkan sepanjang tahun 2017 lalu, kecelakaan melibatkan korban jiwa lebih dari 5.300an.
 
"Kalau kita lihat tahun 2016 dan  2017, kita ini sungguh luar biasa korban yang meninggal, jumlah kecelakaan pasti berlipat ganda," ungkap Kapolda.
 
Sementara itu, Direktur Lalu lintas Polda Jatim Kombes Pol. Heri Wibowo menjelaskan operasi ini lebih mengedepankan pembinaan sedangkan penegakan hukum belakangan. Target yang akan dicapai ada benda, tempat dan orang. Target orang lanjut Heri mereka yang tidak pakai helm dan yang berboncengan tiga, target benda, itu kendaraan ada roda dua dan roda empat yang melebihi penggunaan, dan tidak sesuai dengan peruntukannya. Target tempat, yakni lokasi yang sering terjadi pelanggaran atau lalu lintas dan target kegiatan itu yakni target pelanggaran."Target ini akan kita tegakkan,"tegasnya.
 
 Tilang akan kita berikan jika potensi yang menimbulkan kecelakaan ataupun pelanggaran lalu lintas. Personil yang dilibatkan 3450 personil yang terlibat.nt