Saifullah Yusuf

SURABAYAPAGI.com, Malang - Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengunjungi sentra tempe dan keripik tempe di kawasan Sanan, Purwantoro, Blimbing, Kota Malang, Kamis (1/3/2018).

Gus Ipul menyoroti bahan baku tempe kedelai. "Kami lihat bahan baku masih jadi kendala utama. Harga kedelai masih Rp 68 ribu (satu goni) ini harga terus meningkat padahal harapanya Rp 50 ribu. Karena kedelai masih impor," kata Gus Ipul.

Di kampung Sentra Tempe Sanan, Gus Ipul meninjau sejumlah Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Di Sanan saat ini terdapat 469 pengrajin keripik tempe yang tersebar di tiga RW. Dia melihat satu persatu UKM di kawasan ini. Di tiap UKM, ia ikut melihat proses pembuatan keripik tempe.

"Solusinya nanti akan kita komunikasikan dengan pemerintah pusat. Karena saya bicara dengan salah satu pengerajin tempe, pernah mencoba menanam tapi hasil kedelainya tidak besar tidak cocok buat tempe. Ini yang harus dipikirkan," papar Gus Ipul.

Ivan Kuncoro, Ketua RW 15, Sanan, menyebut kendala utama yang paling dirasakan pengerajin tempe adalah bahan baku. Mulai dari kedelai, tepung beras, tepung tapioka, hingga minyak goreng.

"Kami harapkan pemerintah kedepan bisa membantu ketersediaan bahan baku dengan harga terjangkau. Mulai dari kedelai, tepung beras, tepung tapioka, hingga minyak," tandas Ivan Kuncoro. (bj/irs)