Cagub Jatim Saifullah Yusuf saat berkunjung di desa wisata buatan di Desa Bakalanpule Kecmatan Tikung Lamongan. FOTO: SP/ MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.com, Lamongan - Dalam membangun sektor ekonomi memang banyak jalan, namun untuk membangkitkan ekonomi kerakyatan, salah satunya harus melalui pariwisata, karena pariwisata sudah terbukti mampu menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan inkam perkapita masyarkat.

Penegasaan itu disampaikan oleh calon gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, saat mengunjungi wisata buatan di Desa Bakalanpule Kecamatan Tikung, Kabupaten Lamongan Jawa Timur, Jum'at (2/3/).

"Saya senang sekali kalau saya diajak ke sini, bisa melihat langsung desa wisata buatan di Desa Bakalanpule, dan kedepanya ini harus ditata lebih baik lagi, agar lebih menarik hingga masyarakat bisa datang "kata Gus Ipul.

Disebutkan olehnya, desa wisata kalau digarap dengan serius lanjut Gus Ipul panggilan akrab Saifullah Yusuf, juga akan mengurangi kemiskinan, dan tradisi penduduk untuk datang ke suatu desa harus tetap ada."Kalau di desa ada wisata itu akan mengundang tamu untuk datang, dan tradisi tamu datang biasanya membawa rejeki, "ujarnya.

Lebih jauh kata Gus Ipul, di Jawa Timur ini, potensi pendapatan dari sektor wisata mencapai 100 T, dan menciptakan lapangan pekerjaan hingga 200 ribu. Kedepan kalau dirinya ditakdirkan menjadi guberbur, dari 8 ribu desa di Jawa Timur, sebanyak 1000 desa akan dijadikan desa wisata.

"Kalau 1000 desa di Jatim ini kita jadikan desa wisata, tentu ini akan menjadi cukup dahsat dalam meningkatkan perekonomian dan pendapatan masyarakat, dan ini akan bandang ke desa yang lain, "terang Gus Ipul saat ditemani oleh Ketua DPC PKB Abd Ghofur, Anggota DPRD propinsi Jatim H Makin Abbas, ketua DPC Gerindra H Tsalits Fahami, wakil ketua DPC PDIP Sunarto, dan terlihat anggota DPRD Lamongan fraksi PKB.

Selain desa wisata lanjut Gus Ipul juga mampu untuk menekan urbanisasi dari desa ke kota untuk mencari penghidupan."Kalau di desa nya sudah ada wisata dan banyak orang berkunjung dan datang, kenapa mencari pekerjaan lain di kota, cukup dengan berdagang aneka macam kebutuhan wisata, mereka akan tercukupi hidupnya, itu yang akan menjadi garapan saya dengan mbk Puti kedepanya, "akunya.

Agar supaya desa wisata tersebut dikunjungi oleh wisatawan, tentu lanjut Gus Ipul pihaknya akan mendorong pembangunan infrastruktur, mulai jalan dan bangunan yang bisa menarik wisatawan untuk datang.

Dan masih kata pria yang sebelumnya dua periode menjabat Wakil Gubernur Jatim bersama Soekarwo ini, menjabarkan kalau bentuk desa wisata yang dimaksud adalah, dengan memanfaatkan keunggulan di desa masing-masing. "Bisa wisata budaya, wisata alam dan wisata buatan, seperti di desa Bakalanpule ini wisata buatan, ada gantangan sebagai lomba kicau burung dan lain-lainya, "terangnya.

Apalagi lanjutnya, kecendrungan masyarakat sekarang itu, sudah menyisihkan uang untuk berwisata, setelah serius bekerja pagi siang malam. Kecendrungan masyarakat yang sudah menyisihkan uangnya untuk rekreasi inilah, yang harus ditangkap, karena itu peluang besar."Kecendrungan masyarakat sekarang ini suka rekreasi dan mereka pun sudah merelakan menyisihkan uangnya untuk berlibur dan berwisata bersama dengan keluarga, "kata Gus Ipul yakin. jir