Satu rumah di Desa Takerharjo Kecamatan Solokuro Lamongan ini, terancam roboh karena bahu jalannya ambles. (SP/ MUHAJIRIN KASRUN)

SURABAYAPAGI.com, Lamongan - Hujan deras yang menguyur wilayah Lamongan beberapa hari ini, mengakibatkan bahu jalan menuju lokasi Wisata Bahari Lamongan (WBL) tepatnya di Desa Takerharjo Kecamatan Solokuro Lamongan ambles sedalam 3 meter.

Amblesnya bahu jalan Kabupaten selebar 4 meter dan panjang 3,5 meter ini, belum ditangani oleh dinas terkait, hanya saja informasi yang diterima Surabaya Pagi kalau tim sudah datang melihat, dan informasinya jalan amblas segera akan ditangani dengan cara memasang bambu trucuk pada titik yang mengalami ambles.

"Iya jalan ambles, tim dari PU Binamarga sudah datang mengecek, karena ini emergency, jalan ambles itu nantinya akan dipasang bambu trucuk pada titik yang mengalami ambles," kata Anton Sujarwo Camat Solokuro, Selasa (6/3/2018).

Selanjutnya kata Anton, nantinya akan diperkuat dengan teknik tinggi untuk menahan agar tidak sampai menggerus badan jalan. "Sementara para pengguna jalan diharap mengurangi kecepatan saat melintas di jalur itu," imbuhnya.

Lebih jauh kata Anton, bahu jalan ini selain ambles juga terdapat retakan-retakan di badan jalan yang mengancam dan akan menambah luasnya longsor dan amblesnya.

"Bahu jalan yang amblas begitu dalam karena dibawah jalan itu terdapat lubang besar menyerupai goa. Dan beberapa retakan juga ada di dekat badan jalan. Kondisi ini sangat membahayakan pengguna jalan yang melintas," terangnya.

Akibat amblesnya tanah persis di bahu jalan ini juga mengakibatkan satu rumah warga terancam roboh. Tingkat kemiringannya cukup parah. Rumah milik Asmi (50) ini bahkan sudah ditinggalkan sejak tanah mengalami longsor.

Semua perabot dan isi rumah dipindahkan ke rumah yang ada di Takerharjo. "Penghuninya (Asmi, red) sudah kita pindahkan," kata Kapolsek Solokuro, AKP Suwarta.

Sementara untuk pengamanan lokasi telah diberi tanda bahaya oleh penduduk agar semua yang melintas ekstra berhati hati."Pengguna jalan ini diminta hati-hati dan mengurangi kecepatan," pesan Kapolsek Solokuro ini. jir