Ilustrasi Daging Sapi

SURABAYAPAGI.com - Kromium merupakan logam mineral yang jumlahnya sedikit, baik dalam makanan maupun pada tubuh manusia, tetapi sangat penting bagi kesehatan. Hal tersebut berperan penting dalam produktivitas insulin yang memungkinkan tubuh menyeimbangkan kadar gula darah.

Penelitian menunjukkan bahwa mineral ini dapat membantu melindungi kromosom DNA dari kerusakan dan juga membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Kromium juga dikenal dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengatur berat badan dan kesehatan otak.

Jika Anda kekurangan mineral ini dapat menyebabkan kelelahan, melemahnya tulang, kesehatan kulit yang buruk, kesehatan mata yang buruk, daya ingat berkurang, dan sebagainya. Berikut merupakan makanan yang dapat Anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan kromium:

1. Brokoli

Brokoli adalah salah satu makanan tersehat di planet ini, dan juga kaya akan kromium. Sayuran ini dikenal dengan berbagai nutrisi sehat seperti vitamin A, kalsium, vitamin C, vitamin B6, dan magnesium. Anda dapat meningkatkan asupan kromium dengan mengonsumsi brokoli kukus atau tumis.

2. Jagung

Jagung merupakan sumber alami kromium lainnya. Tak hanya itu, jagung juga mengandung vitamin dan mineral lain seperti zat besi, vitamin B6 dan magnesium. Mengonsumsinya secara rutin dapat mencegah diabetes, memperbaiki kondisi jantung, menurunkan tekanan darah dan mencegah kanker usus besar.

3. Daging sapi

Daging sapi yang diberi makan rumput kaya akan kromium dan mineral lainnya seperti seng, zat besi, fosfor, natrium dan kalium. Jenis daging sapi ini jauh lebih sehat dan enak, mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6, antioksidan, asam linoleat dan vitamin penting lainnya.

4. Kacang hijau

Kacang hijau kaya akan kromium, itulah sebabnya Anda harus memasukkannya ke dalam daftar makanan Anda. Secangkir kacang hijau mengandung 2,04 mikrogram kromium. Biji-bijian ini juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin K, vitamin C, vitamin B2, folat dan serat.

5. Anggur

Anggur merupakan sumber kromium, vitamin A, vitamin C, vitamin B6 termasuk beberapa vitamin dan mineral lainnya. Mengonsumsi jus anggur dapat meningkatkan asupan kromium Anda, karena secangkir jus anggur mengandung 8 mikrogram kromium. (oz/02)