Taiwan

SURABAYAPAGI.com - Jika Anda berwisata ke Taiwan, tak perlu khawatir untuk mencari hidangan halal.  Sejumlah restoran di negara itu, kini menyediakan menu masakan halal. Bahkan, di antara restoran itu ditangani langsung pemiliknya yang merupakan seorang muslim.

Tak mudah bagi para pengusaha restoran untuk mendapatkan sertifikat halal. Restoran mereka akan dikaji dan diperiksa terlebih dulu oleh imam masjid besar dari Asosiasi Muslim China di Taiwan. Setelah melalui serangkaian  pemeriksaan, baru sertifikat bisa didapatkan. Setelah mendapatkan sertifikat, restoran itu tetap dipantau.

 

Menurut Jaden, pemilik restoran di Long Yun Leisure Farm, di Alishan, Chiayi, Taiwan, pihaknya mendapatkan sertifikat halal setelah delapan bulan mengajukan permohonan. Imam masjid memeriksa langsung ke restorannya. 

Perlengkapan untuk memasak makanan halal dipisah dari makanan non halal. Bahkan, alat makan seperti piring, mangkuk dan lainnya pun dipisah. Setelah mendapatkan sertifikat, imam besar tak melepas begitu saja. "Satu tahun sekali imam datang periksa (ke restoran)," ujarnya.

VIVA bersama sejumlah media lain mengunjungi beberapa restoran yang menghidangkan makanan halal itu, awal Maret 2018 ini. Ada beberapa restoran yang menyajikan makanan halal dengan cara memesan lebih dulu. Namun, ada juga tempat yang memang menghidangkan makanan halal setiap hari.

Berikut ini di antara restoran di Taiwan yang menyajikan menu masakan halal:

Yunus Halal Restaurant

Restoran ini terletak di Pei Ning Rd Nomor 36, Taipei, Taiwan. Setiap hari restoran yang dikelola Yunus, seorang muslim keturunan Tionghoa, ini menyajikan menu masakan halal. Namun, jika pengunjung ingin memesan menu halal khusus dari negara tertentu harus memesan lebih dulu.

Berbagai macam masakan tersedia di restoran yang berdiri sejak 18 tahun lalu ini, di antaranya plecing kangkung, tom yum, ayam goreng. Untuk menyantap makanan di restoran ini, pengunjung mesti merogoh kocek rata-rata sekitar NT$400 atau sekitar Rp188 ribu.

Restoran halal di Taiwan


Muslim Beef Noodles Restaurant

Berlokasi di Yanping, S Rd Nomor 23, Distrik Zhongzheng, Taipei, Taiwan. Restoran milik Mosa Chang, seorang  muslim keturunan Tionghoa ini menyajikan menu mie kuah sapi halal. Tersedia juga berbagai makanan lain, seperti dumpling dan buah-buahan. Restoran ini telah turun temurun dan ada sejak ratusan tahun lalu. Satu pengunjung bisa menghabiskan uang sekitar NT$360 atau sekitar Rp169 ribu.

Suasana Muslim Beef Noodles Restaurant di Taipei, Taiwan

Yuyupas

Restoran berlokasi di kawasan Alishan, Chiayi, Taiwan. Berada di  dalam sebuah taman yang menampilkan budaya asli tentang suku Tsao. Restoran ini menyajikan berbagai makanan halal. Macam-macam menu tersaji dari bahan ikan, ayam, udang, telur. 

Namun, untuk menyantap makanan halal di restoran ini  harus memesan lebih dulu. Sebab, tidak setiap hari ada. Mereka membuat makanan halal sesuai pesanan. Peralatan makan tersendiri untuk makanan halal. Harga paket makanan untuk satu pengunjung rata-rata NT$500 atau sekitar Rp235 ribu.

Suasana di restoran Yuyupas, Alishan, Chiayi, Taiwan

Long Yun Leisure Farm

Berlokasi di kawasan Alishan, Chiayi, Taiwan. Lokasi ini menyediakan penginapan sekaligus restoran. Makanan halal disajikan tidak setiap hari. Namun berdasarkan pesanan. Peralatan makan yang digunakan terpisah dari peralatan yang digunakan untuk makanan non halal. Berbagai makanan halal yang disajikan di antaranya berbahan telur, daging kambing, daging sapi, ayam.

Satu pengunjung rata-rata menghabiskan uang NT$1.500 atau sekitar Rp700 ribu untuk menginap sekaligus menikmati hidangan makan malam dan makan pagi.

Suasana di Long Yun Leisure Farm, Alishan, Chiayi, Taiwan

Private Chef Kitchen

Restoran ini berlokasi di Dongyang, Chiayi, Taiwan. Restoran menyajikan menu makanan halal ala Turki, seperti pizza, roti bertabur wijen, sup. 

Restoran Private Chef Kitchen di Chiayi, Taiwan

(viv/01)