Prabowo Subianto

SURABAYAPAGI.com - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan deklarasi Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden akan dilakukan maksimal akhir Maret. Setelah deklarasi, Gerindra baru akan membicarakan soal sosok calon wakil presiden yang mendampingi Prabowo.

"(Deklarasi) menunggu waktu saja, tapi maksimal akhir Maret ini, kan kita sudah jelas deklarasi calon presiden dari Gerindra. Setelah deklarasi capres baru kemudian bicara cawapres," kata Dasco di Gedung DPR, Jakarta, Rabu, 7 Maret 2018.

 

Ia menjelaskan soal kemungkinan cawapres, Gerindra masih membuka komunikasi dengan siapa pun. Sehingga tak menutup kemungkinan. Tapi tentunya Gerindra memiliki kalkulasi. Sehingga yang menjadi cawapres adalah orang yang benar-benar diinginkan rakyat menjadi pendamping Prabowo.

 

"Kalkulasi masih jalan, calon dari partai mana saja yang kemudian kami disodorkan. Tentu kita akan lihat, kita kalkulasi kemudian minta pendapat dari rakyat pendukung capresnya. Itu ada mekanismenya juga baik secara internal DPP maupun pengenalan ke masyarakat," kata Dasco.

Ia menambahkan sosok cawapres juga harus memiliki kecocokan lebih dulu dengan Prabowo. Setelah itu, kriteria lainnya baru disusun belakangan.

"Ini kan bhinneka tunggal ika. Latar belakang sah-sah saja yang penting bukan berasal dari organisasi terlarang. Mau militer, mau santri oke sepanjang rakyat suka," kata Dasco.

Lalu elektabilitas menurutnya juga akan diperhitungkan. Sehingga sosok cawapres bisa mendukung mendapatkan kemenangan.

"Kalau kita cari calon yang elektabilitasnya juga kurang, kan bagaimana," kata Dasco. (viv/01)