Ilustrasi Kulit Wajah Cerah

SURABAYAPAGI.com - Kulit yang cerah, jernih dan sempurna adalah impian setiap wanita. Tapi terkadang kulit rusak atau kehilangan warna alaminya karena beberapa alasan seperti faktor lingkungan, termasuk polusi, sinar UV yang berbahaya, dan sebagainya.

Untuk memiliki kulit yang sempurna banyak orang cenderung melakukan perawatan kimia atau menggunakan berbagai produk kecantikan. Hal ini dalam banyak kasus akan menyebabkan kerugian pada kulit. Sebaiknya carilah solusi alami yang akan menguntungkan dalam jangka waktu panjang.
Berikut adalah lima solusi perawatan kulit mudah dan instan yang dapat Anda coba untuk kulit yang lebih cerah, lembut dan sempurna:

 

Tepung beras dan susu

Tepung beras mengandung zat anti-inflamasi dan pemutih kulit yang menenangkan kulit dan membuatnya terlihat lebih cerah dan halus. Susu membantu dalam menghidrasi kulit dan membuatnya lembab.

Caranya, tambahkan 3 sendok makan tepung beras dalam mangkuk atau dapat juga menggiling nasi mentah untuk membuat bedak, lalu campurkan 2-3 sendok susu ke bedak dan buat pasta halus. Oleskan pasta ke wajah dan biarkan selama 20-30 menit. Terakhir bilas dengan air hangat. Anda bisa mengulanginya tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik

Air parutan kentang

Kentang memiliki antioksidan yang membantu membuat kulit terlihat lebih cerah. Ini juga membantu menghilangkan sel-sel mati, karena memiliki zat pemutih ringan.

Caranya, potong kentang menjadi potongan kecil. Parut kentang dan peras untuk mengeluarkan airnya. Lalu celupkan cotton pad ke dalam air parutan kentang dan aplikasikan di wajah. Biarkan selama 15-20 menit lalu cuci. Setelah wajah bersih oleskan pelembab karena ada kemungkinan kulit kering. Ulangi ini tiga kali seminggu.  

Baking soda scrub

Baking soda memiliki khasiat yang membantu dalam mengeluarkan sel-sel mati, membunuh bakteri, sehingga membuat kulit terlihat lebih cerah dan segar.

Metodenya, campur 1 sendok makan baking soda dan air dalam mangkuk. Gosok perlahan campuran di wajah dengan gerakan melingkar. Lalu cuci menggunakan air dan pelembap wajah. Ulangi setiap hari selama dua minggu dan Anda akan melihat perbedaannya. Namun, obat ini tidak dianjurkan bagi yang memiliki kulit berjerawat dan sensitif.

Yogurt dan madu

Yogurt membantu mengeluarkan semua kotoran dari kulit Anda, membuatnya lebih cerah dan bersih.

Caranya, campur 2 sendok makan yogurt dan 1 sendok makan madu dalam mangkuk aduk merata. Oleskan di seluruh wajah dan leher, diamkan selama 20 menit. Lalu cuci dengan air. Obat ini dapat diulang setiap hari untuk hasil yang lebih baik dan lebih cepat.

Masker oatmeal

Oatmeal mengandung agen pengelupas kulit yang mengeluarkan sel-sel mati. Ini juga mengandung khasiat yang membuat kulit kita terlihat lebih lembut dan cerah.

Giling oatmeal dalam blender untuk membuat bedak, campur dengan air mawar untuk membuat pasta. Setelah itu oleskan ke wajah dan leher. Biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air. Terapkan ini dua kali seminggu untuk hasil yang lebih baik. (oz/02)