Teh

SURABAYAPAGI.com - Teh merupakan minuman paling populer dimasyarakat kita. Sejak dulu teh menjadi minuman untuk menjamu para tamu ataupun untuk sekedar diminum sendiri dengan kelurga dan para sahabat, rasanya yang nikmat serta memberikan efek menyegarkan bagi tubuh membuat teh banyak digemari oleh masyarakat, baik anak-anak maupun orang dewasa.
 
Berbicara tentang teh, teh memiliki banyak sekali manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh kita. Teh mengandung antioksidan yang tinggi. Namun, teh juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan, terlebih ketika teh yang dicampur dengan banyak gula atau pemanis buatan. Selain itu teh juga berbahaya jika di minumn saat perut kosong.
 
Nah sahabat, kita semua tentu tahu jika teh sering kali dikonsumsi saat pagi hari disaat perut masih kosong. Nah, sekarang kebiasaan tersebut harus dihilangkan karena apa? Karena minum teh saat perut kosong dapat berbahaya bagi kesehatan. Nah berikut Wajib Tahu Bahaya Minum Teh Saat Perut Kosong.
Wajib Tahu 7 Bahaya Minum Teh Saat Perut Kosong
Wajib Tahu 7 Bahaya Minum Teh Saat Perut Kosong
 

1. Membuat tubuh menjadi dehidrasi

Dampak buruk pertama dari kebiasaan minum teh di saat perut kosong adalah membuat tubuh menjadi dehidrasi. Hal ini dikarenakan teh bersifat diuretik. Tak hanya menyebabkan dehidrasi, minum teh saat perut kosong juga akan menyebabkan kram otot.

2. Merusak gigi

Minum teh saat perut kosong juga akan berdampak buruk pada gigi, yaitu akan menyebabkan gigi menjadi rusak. Hal ini dikarenakan kadar asam pada mulut akan meningkat saat minum teh sehingga akan menyebabkan erosi pada enamel gigi yang membuat gigi menjadi rusak dan berlubang.

3. Membuat perut menjadi kembung

Minum teh dipagi hari saat perut kosong juga akan menyebabkan perut menjadi kembung. Hal ini sudah banyak dialami oleh orang. Hal ini dikarenakan kandungan laktosa pada teh yang akan mempengaruhi kesehatan usus dan lambung yang kemudian menyebabkan sembelit serta timbunan gas dan membuat perut menjadi kembung.

4. Mua-mual

Tak hanya membuat perut kembung, minum teh saat perut kosong juga akan menyebabkan anda mual-mual. Hal ini dikarenakan aktivitas empedu yang terganggu karena minum teh saat perut kosong sehingga menyebabkan mual-mual.

5. Pusing

Minum teh saat perut kosong juga akan menyebabkan anda merasa pusing. Hal ini dikarenakan kandungan kafein pada teh yang akan menimbulkan efek samping pusing, mual, dan kembung. Hal ini juga akan terjadi saat anda minum kopi saat perut kosong.

6. Mengganggu aktivitas metabolik

Minum teh saat perut kosong akan menyebabkan ketidak seimbangan antara asam dan basa, sehingga akan berpengaruh pada sistem metabolisme. Untuk itu baiknya anda hindari minum teh saat perut kosong.

7. Mengganggu penyerapan zat besi

Dampak buruk terakhir dari minum teh saat perut kosong adalah membuat kemampuan tubuh dalam menyerap zat bersih menurun. Hal ini akan berdampak buruk bagi penderita anemia. Untuk itu baiknya anda hindari minum teh saat perut kosong.
 
Demikianlah informasi tentang Wajib Tahu Bahaya Minum Teh Saat Perut Kosong. Teh memang memiliki banyak manfaat luar biasa untuk kesehatan, namun minum teh saat kondisi tertentu seperti perut kosong justru akan berdampak berbahaya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.