Surat dari KONI Papua yang ditujukan kepada KONI Pusat perihal rekomendasi cabor dan nomor pertandingan PON XX. (SP/LUXINOVIASARI)

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - KONI Jatim dengan cepat merespon usulan KONI Papua perihal cabang olahraga yang akan diperlombakan dalam PON XX yang akan diselenggarakan di Papua.

Dalam surat yang ditujukan kepada Ketua Umum KONI Pusat menyatakan jika KONI Papua mengusulkan beberapa cabang olahraga yang akan ditambahkan dalam perlombaan tersebut.

Dari 38 cabang olahraga yang telah disepakati, KONI Papua mengusulkan penambahan 7 cabor, yakni muaythai, rugby, gateball, woodball, petanque, tarung drajat dan dansa. Penambahan tersebut karena ke 7 cabor dianggap bisa berpotensi menyumbangkan medali untuk kontingen Papua.

"Tujuh cabang olahraga tersebut adalah cabang olahraga yang berpotensi menyumbangkan medali untuk kontingen Papua pada PON XX."

Alasan seperti itu bagi KONI Jatim merupakan suatu yang tidak masuk akal. Ditambah dengan usulan yang menyatakan jika cabor bowling akan ditiadakan.

"Beberapa keputusan dan rekomendasi hasil rapat anggota tahunan (RAT) diantaranya adalah cabang olahraga Bowling diputuskan untuk tidak dipertandingkan pada PON XX tahun 2020."

M Nabil selaku Ketua Harian KONI Jatim menyatakan jika sebagai bentuk respon atas usulan tersebut, pihaknya akan mendatangi KONI Pusat.

"Respon KONI Jatim yakni akan melakukan kunjungan ke KONI Pusat menanyakan surat tersebut," ujar M. Nabil.

M. Nabil beserta pengurus akan berangkat ke Jakarta pada hari Minggu, (11/3/2018) dan melakukan pertemuan dengan pengurus KONI Pusat pada hari Senin (12/3/2018). Dalam rombongan tersebut Ketua Umum KONI Jatim, Erlangga Satriagung juga diagendakan turut serta dalam pertemuan tersebut.lx