Pelatihan pertolongan pertama pada korban Laka Lantas di Balai Desa Kasihan, Selasa (13/3).

SURABAYAPAGI,Jember- Satlantas Polres Jember bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum (RSU) Kaliwates di Balai Desa Kasian, Kecamatan Puger, Selasa (13/3), menggelar Sosialisasi Budaya Tertib Berlalulintas. Dalam pelatihan ini, diajarkan penanganan dini tentang kecelakaan lalu-lintas.

Pelatihan diikuti oleh perangkat desa dan tokoh masyarakat (tomas), ibu-ibu PKK, tokoh pemuda, serta relawan Informasi Warga Jember (IWJ) maupun masyarakat umum.

Kepala Desa Kasian Hadi Wiswoyo menerangkan, permohonan sosialisasi didasarkan letak dan wilayah. Karena di desa Kasian  sering terjadi kecelakaan dan jalan yang labil merupakan jalan Propinsi.

"Sehingga kami ingin dan bisa memberikan pertongan pertama pada korban kecelakaan, apa yang harus diperbuat untuk menyelamatkan jiwa korban laka lantas, tutur Hadi Wiswoyo

Sementara Kanit Dikyasa Satlantas Res Jember, Ipda Agus Yudi Kurniawan menerangkan, dalam rangka oprasi Keselamatan Semeru 2018, Satlantas Res Jember berinovasi.

"Dengan memberikan himbauan tertib budaya berlalulintas agar masyarakat selamat di jalan raya dan bekerja sama dengan rumah sakit guna memberikan pelatihan penanganan gawat darurat," ungkap Agus Yudi.

Lajut Agus, agar nantinya bisa membantu melakukan pertolongan pertama pada korban laka lantas, sehingga meminimalisir terjadinya fatalitas (meninggal dunia).

Petugas dan narasumber dari Rumah Sakit Umum Kaliwates, Anwar dihadapan dihadapan para peserta menerangkan secara gamblang langkah pertama dalam menolong korban kegawat daruratan Kecelakaan.

"Bagaimana cara menolong korban laka lantas, dengan benar dalam kondisi bentuk emerjensi cara yang harus dilakukan dengan pijat jantung dan memberikan jalan nafas kemungkinan bisa menyelamatkan pasien tertolong," pungkas Anwar yang spesialias anastesi kamar oprasi RUS Kaliwates. Ndik