Mae Nak Phra Khanong di Thailand

SURABAYAPAGI.com - Sebagian orang memiliki pengalaman mengerikan bertemu atau melihat hantu. Tak hanya di tempat yang tampak seram, sebagian mengaku melihat di rumah atau lingkungan sekitar mereka.

Jika di Indonesia, beberapa hantu terkenal seperti pocong dan kuntilanak. Ternyata, di negara lain juga memiliki hantu yang tak kalah menyeramkan. Berikut ini, 10 hantu paling seram di dunia seperti dilansir dari Hypebeast, Senin 19 Maret 2018:

1. Iblis Jersey di New Jersey, Amerika Serikat

Menurut legenda, iblis Jersey adalah makhluk berbentuk aneh yang dikutuk oleh ibunya sendiri, Deborah Leeds. Leeds sudah memiliki 12 anak, dan dia lelah melahirkan lagi, sehingga bersumpah jika memiliki anak, maka anak itu akan menjadi iblis.

Ternyata pada tahun 1735, Leeds hamil anak ke-13. Bayi yang baru lahir itu berubah menjadi makhluk aneh, dengan kepala kambing, berkuku, dan punya sayap kelelawar. Bayi itu membunuh bidan yang membantu melahirkannya dan terbang ke pohon. Dia pun menghantui wilayah Jersey sejak saat itu.

2. Wanita berbaju putih di Terowongan Belchen, Swiss

Terowongan Belchen yang menghubungkan Eptingen dan Hagendorf dibangun pada tahun 1960. Sementara itu, pada 1981, sebuah cerita muncul di koran lokal tentang sejumlah orang yang melihat seorang wanita tua mengenakan pakaian serba putih di terowongan itu.

Pada 1983, dua pengacara perempuan mengaku telah memberikan tumpangan kepada wanita itu. Bahkan, mereka sempat bertanya tentang kondisinya, namun wanita itu menjawab bahwa dirinya dalam keadaan tidak baik. Yang paling mengerikan, ketika mereka menengok ke kursi belakang mobil, dan ternyata wanita tua berbaju putih itu sudah menghilang.

3. La Ciguapa di Republik Dominika

La Ciguapa dikatakan sebagai sosok wanita dengan kekuatan magis yang berdiam di pegunungan. Sosok ini memiliki rambut panjang yang menutupi tubuh telanjangnya dengan kaki terpasang terbalik. Dengan sosoknya yang aneh, La Ciguapa memiliki suara yang terdengar seperti bayi menjerit. Hal itu kabarnya untuk memikat laki-laki polos, agar masuk ke dalam hutan dan mereka tak akan pernah kembali.

4. El Cuco atau El Viejo del Saco di Chile, Kuba, Meksiko

Cerita ini asalnya dari Spanyol tahun 1910. Legendanya tentang seorang pria bernama Fransisco Ortega yang menderia tubercolosis, yang mencari bantuan ke seorang dukun. Kemudian, dukun itu merekomendasikan untuk meminum darah dari anak muda dan menggunakan bagian yang berlemak sebagai salep untuk dioleskan di dadanya.

Mengikuti apa yang diperintahkan oleh dukun itu, Ortega lantas menculik seorang anak laki-laki berusia tujuh tahun, meletakkannya ke dalam kantong kain, dan meminum darahnya lewat irisan yang dibuat di bawah ketiaknya. Ortega dan dukun itu lantas ditangkap dan dieksekusi, tapi kemudian diceritakan bahwa hantu Ortega atau dikenal sebagai el cuco masih gentayangan di jalanan membawa dengan kantong besarnya mencari anak untuk ditangkap pada malam hari.

5. Rusalka di Rusia

Cerita rakyat Rusia ini menggambarkan seorang Rusalka sebagai hantu wanita muda yang bisa ditemukan di air. Legenda menceritakan bahwa Rusalka bisa cantik atau menyeramkan. Ruslaka meneror orang dengan menakuti ternak, mencuri anak hingga menggoda pria dan membuat mereka tenggelam.

Di Rusia, pada pekan pertama di bulan Juni dikenal sebagai Pekan Rusalka -secara tradisional menenangkan arwahnya dengan musik dan persembahan. Wanita menangkal gangguannya dengan tidak mencuci rambut, sedangkan pria menggunakan hiasan yang dibuat dari bawang putih dan walnut agar tidak dihantui.

6. La Llorna di Amerika Latin

La Llorna atau juga dikenal sebagai wanita menangis adalah hantu ikonik di legenda Amerika Latin. Legenda berawal dengan cerita seorang wanita bernama Maria yang memilih menenggelamkan anaknya hingga mati ke dalam sebuah sungai sebagai bentuk balas dendam kepada suaminya yang meninggalkan dia demi seorang wanita muda. Hancur karena perbuatan jahatnya sendiri, Maria akhirnya mengakhiri hidup dengan menenggelamkan diri.

Menurut legenda, Maria tidak diperbolehkan masuk ke surga, karena anaknya tidak bersamanya. Maria dibuang dan dipaksa untuk ada di antara dunia nyata dan arwah gentayangan untuk mencari anaknya. Selain itu, juga dikatakan bahwa wanita menangis akan menculik anak-anak lain yang mirip dengan anaknya dan akan mengulangi perbuatan jahatnya. Katanya, dia muncul di danau atau sungai dengan meneriakkan, "oh anakku!" dan siapa pun yang mendengarnya menangis ditakdirkan untuk mati.

7. Pocong di Indonesia dan Malaysia

Aslinya, pocong berasal dari Indonesia, tetapi di Malaysia disebut juga dengan hantu bungkus. Terkenal sebagai hantu bungkus, pocong dikisahkan sebagai jiwa orang mati yang terperangkap dalam kain kafan. Diikat di bagian kepala, kaki dan leher. Pada dasarnya, menggambarkan tubuh yang membusuk di dalam sebuah kain mirip kepompong, di mana sosoknya digambarkan berkulit hijau pucat, wajah layu, dan punya lubang dalam di bagian mata.

Menurut tradisi, jiwa orang yang mati akan tinggal di bumi selama 40 hari setelah kematian. Jika setelah 40 hari tali tidak dilepaskan, tubuh yang terbungkus akan keluar dari kuburan untuk menghantui mereka yang masih hidup. Saat terlihat, pocong hanya akan melompat karena kaki mereka terikat, tapi cerita lain mengatakan mereka juga memiliki kemampuan untuk terbang.

8. Manananggal di Filipina

Kisah tentang Mananaggal cukup terkenal sebagai cerita mengerikan di Filipina, terutama di daerah provinsi sebelah barat negara itu. Diceritakan bahwa jika menemukan dirimu ada di tengah hutan saat malam hari, kamu mungkin melintasi bagian bawah tubuh wanita yang berdiri dengan tatapan kosong. Bagian tubuh atasnya sebenarnya seorang wanita menyeramkan dengan sayap menyerupai kelelawar.

Mereka terbang di malam hari untuk mengisap darah korban yang sedang tidur. Mereka juga makan jantung bayi menggunakan lidahnya yang panjang. Satu-satunya cara untuk mengalahkan sosok ini adalah menyebarkan bawang putih yang dihancurkan atau garam ke tubuh bagian atas. Ini akan mencegah sayap makhluk itu menyatu kembali dengan tubuhnya dan dia akan segera binasa setelah cahaya pagi muncul.

9. Mae Nak Phra Khanong di Thailand

Dikisahkan tentang seorang wanita muda bernama Nak yang cinta mati kepada suaminya, Mak. Saat hamil, Mak dikirim ke medan perang, di mana akhirnya dia mengalami luka serius. Saat dia dirawat di Bangkok, Nak dan anak mereka meninggal selama proses melahirkan.

Saat Mak kembali ke rumah, dia sebenarnya melihat Nak dan anak mereka sedang menunggu. Mereka mencoba untuk hidup layaknya orang normal lainnya, tetapi tetangga mencoba memperingatkan Mak bahwa dia hidup dengan hantu dari istri dan anaknya.

Suatu saat, Mak akhirnya menyadari bahwa istri yang selama ini menemaninya adalah arwah penasaran dan memutuskan untuk mengungsi ke sebuah kuil agar hantu tidak bisa masuk. Nak yang tidak bisa berkumpul dengan suaminya memutuskan untuk meneror siapa pun yang mengungkap rahasianya.

Akhirnya, arwahnya ditangkap seorang pengusir setan dan ditempatkan di sebuah botol dan dilempar ke sebuah selokan. Secara kebetulan, botol itu ditemukan dan dia dilepaskan, tapi ditangkap lagi oleh rahib bernama Somdet Phra Phutthachan. Dia memotong tulang dahinya dan diletakkan di ikat pinggang rahib itu. Ikat pinggang itu konon diwariskan turun temurun kepada anggota keluarga kerajaan. Dan, ada kuil yang dipersembahkan untuk Nak di dekat daerah Suan Luang, Bangkok.

10. Hanako-san di Jepang

Di sekolah manapun di Jepang, legenda hantu yang tinggal di dalam kamar mandi di lantai tiga ini sudah sangat populer. Untuk melihatnya, orang harus pergi ke bilik ketiga, mengetuk sebanyak tiga kali dan membuka pintu. Saat dilakukan dengan tepat, kamu bisa menemukan seorang gadis dengan rok berwarna merah, potongan rambut bob yang entah ingin mengajak bermain atau menuju ke neraka melalui kloset.

Kisah asli cerita ini katanya berasal dari masa Perang Dunia II, saat seorang gadis sekolah bernama Hanako-san. Dia mati terkena ledakan bom ketika menggunakan toilet. (viv/01)