SURABAYAPAGI.com, SURABAYA - Polrestabes Surabaya hari ini melauching bus pelayanan masyarakat, melalui program 'Polisi Suroboyo Sobo Kelurahan', Selasa (20/3/2018).

Sesuai dengan nama programnya, acara launching diselenggarakan di Kelurahan Keputran, sore hari pukul 15.00 WIB.

Melalui program tersebut, Kombes Pol Rudi Setiawan, Kapolrestabes Surabaya mengungkapkan bahwa ini adalah upaya kepolisian untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat kota Surabaya.

Khususnya mereka yang tidak sempat mengurus perpanjangan SIM, SKCK, dan membuat laporan kehilangan pada pagi hingga sore hari karena harus bekerja.

"Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa mayoritas masyarakat di Kota Surabaya bekerja mulai pagi pukul 08.00 hingga pukul 16.00 WIB.

Sementara jika di waktu bekerja itu mereka harus izin untuk mengurus keperluan Perpanjanan SIM, SKCK, Kehilangan, maka biasanya banyak sangsi yang diberikan perusahaa.

Misalnya potong bonus, dan sebagainya, untuk itu kita hadirkan bus ini, supaya measyarakat lebih mudah," terang Kombes Pol Rudi.

Bus Polisi Suroboyo Sobo Kelurahan akan menyusuri keurahan-kelurahan di Kota Surabaya secara bergantian. Waktu buka pelayanannya mulai pukul 16.00 hingga pukul 20.00 WIB.

Kombes Pol Rudi menambahkan, untuk warga yang ingin mengetahui jadwal keliling Bus pelayanan masyarakat ini, bisa mengeceknya secara online di website Polrestabes Surabaya, www.polrestabessurabaya.com.

Kehadirian 'Bus Polisi Suroboyo Sobo Kelurahan' ternyata membantu salah satu warga Keputran, Annette Scorpvannoa Limantono (25).

Perempuan berambut panjang ini menuturkan dia sempat mencoba program Polisi Suroboyo Sobo kelurahan, yang kebetulan parkir di kelurahan, dekat dengan rumahnya.

Menurut Annette dia tak menyangka jika meengurus perpanjangan SIM hanya perlu 5 menit saja.

"Ini adalah kali pertama saya memperpanjang SIM. Kemarin sempat gooling, apa aja sih syarat yang di bawa, terus nunggunya berapa lama.

Eh ternyata di sini ngga lama, cepat banget cuma 5 menit. Terus tadi saya juga gak perlu bawa surat keterangan sehat, karena di sini juga sekalian diperiksa.

Cuma cap jari, foto, lalu tandatangan, sudah," ungkapnya menceritakan pengallaman memperpanjang SIM di Bus inovasi Polrestabes tersebut.

Hal senada juga disampaikan Widia Indi Adelia (19). Perempuan yang tinggal di daerah Wonorejo ini mengaku jika ingin mencoba Bus layanan masyarakat untuk mengurus SKCK.

"Awanya ke pores, kan sudah tutup lalu saya diarahkan ke sini. Ini mengurus SKCK untuk melamar kerja.

Bagus baget inovasinya, kita juga nggak perlu ante panjang dan menunggu lama. Tadi ngurus SKCK jua cepat sekali," katanya. Pipit Maulidiya

Kombes Pol Rudi Setiawan, Kapolrestabes Surabaya kala menyapa warga yang ingin mengurus perpanjangan SKCK.

(sry/03)