Ilustrasi.

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Rapat Anggota Tahunan (RAT) akan dilaksanakan pada pertengahan April 2018. Dalam pertemuan tersebut, salah satu yang akan dibahas adalah keputusan tentang peraturan dalam PON XX.

M. Nabil selaku Ketua Harian KONI Jatim menjelaskan jika RAT tersebut akan dihadiri oleh PB Cabor serta KONI Provinsi yang rencananya akan diselenggarakan di Jakarta. "Pesertanya adalah seluruh PB Cabor dan KONI Provinsi seluruh Indonesia,” ujarnya.

Mengingat RAT akan dilaksanakan pada pertengahan April, sehingga rancangan penetapan cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada PON XX Maret sudah harus ada. Jadi pada RAT tinggal menetapkan saja.

Nabil menegaskan, jika pada akhir Maret PB Cabor tidak segera memutuskan, maka KONI Pusat akan mengambil alih kewenangan tentang keputusan cabor.

"Salah satunya yang utama nanti (pada RAT, red) akan membahas tentang itu. Menetapkan cabor-cabor yang tanding dan batas usia. Batasan usia akan diputuskan pada akhir maret ini. Kalau cabornya tidak segera mengusulkan, KONI berhak mengambil alih untuk memutuskan," ujar M. Nabil selaku Ketua Harian KONI Jatim.

Ia menambahkan, alasan PB Cabor diharuskan untuk menentukan cabor pada akhir Maret bertujuan untuk mengefektifkan pembahasan pada saat RAT.

“Iya, (keputusan cabor, nomor dll, red) akan diputuskan pada waktu RAT. Tapi kan tidak satu persatu. Maksudnya sudah ada gambaran. Ada formalitas pengambilan keputusannya,” tambahnya.

Ia menjelaskan meskipun pada saat RAT sudah diputuskan, hal tersebut tidak menutup kemungkinan akan adanya revisi jika keputusan tersebut dirasa tidak sesuai dengan kondisi tahun depan. Jika hal itu terjadi, akan diadakan rapat yang lebih tinggi untuk menentukan keputusan itu.

“Prosedur formalnya harus menunggu RAT. Tapi itu juga bisa dirubah juga misalkan tahun depan ada perubahan di rapat yang lebih tinggi lagi itu,” jelas Nabil.lx