Ilustrasi

SURABAYAPAGI.com - Setiap wanita pasti menginginkan kulit yang awet muda. Tapi sayangnya, kini kondisi kulit kendur yang terjadi akibat penuaan rentan terjadi pada semua wanita dari berbagai usia. Hal ini dapat dipicu oleh polusi udara, paparan sinar matahari berlebihan, dan kebiasaan merokok. Itu akan mempercepat proses kulit menjadi kendur, dan keriput.

Anda dapat mencegah terjadinya penuaan dini dengan beberapa bahan alami, seperti yang dilansir dari Boldsky, Senin (26/03/2018) berikut ini:

1. Kopi

Kandungan kafein pada kopi dapat mengurangi kelembapan berlebih pada kulit. Hal itu akan membuat kulit menjadi lebih kencang.

Bahan:

¼ cangkir bubuk kopi

¼ cangkir gula merah

3 sendok makan minyak kelapa atau minyak zaitun

½ sendok teh bubuk kayu manis

Cara menggunakan:

Masukkan semua bahan ke dalam mangkuk. Jangan lupa untuk mencairkan minyak kelapa terlebih dahulu, jika dalam keadaan beku. Aplikasikan campuran ini pada wajah, kemudian pijat dengan gerakan memutar. Diamkan selama beberapa menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Untuk hasil maksimal gunakan 2 kali seminggu.

2. Tomat

Tomat merupakan toner alami yang dapat menenangkan kulit dan membuatnya tetap kencang.

Bahan:

I buah tomat

Kapas

Cara menggunakan:

Peras tomat untuk mengeluarkan sarinya. Lalu celupkan kapas pada sari tomat, kemudian aplikasikan ke wajah secara perlahan. Diamkan selama 10-15 menit, dan bilas menggunakan air dingin. Gunakan 2 kali sehari. Toner ini merupakan cara yang paling mudah untuk menghilangkan kulit kendur.

3. Pepaya

Buah ini dapat membuat kulit lebih lembut dan kenyal, karena mengandung vitamin A dan antioksidan. Enzim yang dapat mencegah kulit menjadi kendur.

Bahan:

Pepaya matang

1-2 sendok makan tepung beras

Cara menggunakan:

Potong papaya, kemudian blender. Kemudian tambahkan tepung beras ke dalam pasta tersebut, dan pijat perlahan dengan gerakan ke atas. Lakukan selama 15 menit dan bilas menggunakan air dingin. Ulangi seminggu sekali untuk hasil yang lebih maksimal.

4. Putih telur

Putih telur memiliki protein yang dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit. Ini juga memberi kilau alami pada kulit dengan menghilangkan sel kulit mati.

Bahan:

1 putih telur

2 sendok teh madu

Cara menggunakan:

Campur putih telur dengan madu. Aplikasikan masker ini pada wajah dan biarkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air. Gunakan masker ini 3 kali sebulan, agar kulit lebih kencang.

5. Pisang

Pisang matang yang telah dihaluskan bermanfaat untuk mengencangkan kulit, karena mineral dan vitaminnya memiliki sifat anti-penuaan.

Bahan:

Pisang matang

2-3 sendok jus lemon

Cara menggunakannya:

Haluskan pisang, lalu tambahkan jus lemon. Kemudian, aplikasikan campuran ini ke wajah dan leher, biarkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air. Untuk hasil yang maksimal, gunakan 2 kali seminggu. (oz/02)