Indomie Goreng

SURABAYAPAGI.com - Produk buatan lokal tak melulu tidak lebih baik dari buatan impor. Terbukti, ada beberapa produk lokal Indonesia mampu bersaing dengan produk-produk luar negeri.

Kesiapan bersaing ini terlihat dari outlet produk buatan Indonesia kini juga banyak berdiri di luar negeri. Hal yang membanggakan di saat produk impor gencar masuk ke Indonesia.

Ingin tahu, berikut merek-merek asli Indonesia yang mendunia:

1. Kebab Turki Baba Rafi

Banyak yang menyangka kalau kebab Turki Baba Rafi olahan yang berasal dari negara Turki. Namun semua itu salah kebab Turki Baba Rafi adalah olahan asli Indonesia.

Berdiri pada 2003, bisnis waralaba yang didirikan Nilam Sari dan suaminya, Hendy Setiono ini sudah menyebar di berbagai kota hingga ke luar negeri dengan produk andalannya, kebab.

Jatuh bangun mendirikan usaha sudah dilalui oleh sang pendiri, Nilam Sari menjelaskan alasannya menggunakan nama Turki di produknya.

Di mana Turki berarti makanan Timur Tengah, dan Baba Rafi diartikan sebagai ayahnya Rafi (anak pertama Nilam dan Hendy).

Dari satu outlet di Surabaya, saat ini Kebab Turki Baba Rafi mencapai kurang lebih 1.300 di Seluruh Indonesia. Dari surabaya berkembang, ke Malang, Yogyakarta, bahkan Kalimantan, Sulawesi, Aceh, dan Jakarta. Tahun 2009 mulai masuk Malaysia, kemudian Filipina, Singapura, Srilangka, China sampai Belanda.

2. Indomie

Siapa yang tak tahu makanan pengganti nasi yang sudah tersebar dari Sabang sampai Merauke ini. Bahkan mie instant asli Indonesia sudah mendunia. Di beberapa negara Asia sangat mudah menemukan mie instant dengan merek Indomie. Tinggal melangkah ke supermarket maka anda tinggal sudah menemukan mie dengan berbagai rasa.

Dari Hasil survei konsumen dari lembaga asal Inggris Kantar Worldpanel menempatkan mi instan asal Indonesia yaitu Indomie sebagai salah satu merek barang konsumsi (FMGC) paling laris di dunia. Indomie menduduki peringkat ke delapan dari daftar sepuluh besar merek terpopuler.

Indomie merupakan produk mi instan yang diproduksi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Produk ini mulai dibuat pertama kali pada 9 September 1970 dan dipasarkan ke konsumen sejak tahun 1972.

3. J.Co Donat

Pasti banyak yang menyangka donat J.Co yang lembut ini adalah produksi luar negeri. Tapi itu semua salah besar, J.Co adalah asli buat anak bangsa yakni Johnny Andrean, sosok yang lebih dikenal sebagai pemilik salon Johnny Andrean. Dia mendirikan J.Co pada 2005.

J.Co dengan mudah ditemui berbagai mall diseluruh Indonesia. Bahkan rasa J.Co tak kalah dengan donat-donat buatan luar negeri. Saat ini J.Co sudah dapat ditemui di Singapura, Malaysia, Tiongkok, Filipina, serta menyusul Australia dan negara lain di Eropa.

4. Es Teler 77

Es Teler 77 salah satu kuliner Indonesia yang mendunia. Minuman berbahan dasar es dicampur buah-buahan tersebut kini telah dijual hingga Arab Saudi, India, Australia, Malaysia, dan Singapura.

Bisnis Es Teler 77 dicetuskan Murniati. Pada 1981, Gerai waralaba Es Teler 77 pertama didirikan di Kota Solo, Jawa Tengah. Saat itu, waralaba belum tenar di Indonesia. Es Teler 77 disebut makan siap saji Indonesia pertama yang menggunakan sistem waralaba.

Selain menjual es teler, menu lain kini juga dijajakan. Seperti bakso, gadogado, rujak buah, mie kangkung, dan nasi goreng buntut dapat dinikmati di Es Teler 77. Dan Es Teler 77 bisa dinikmati diseluruh Indonesia di pusat-pusat perbelanjaan dan pusat pertokoan. (lp/02)