Daun Sintrong

SURABAYAPAGI.com - Bagi yang tinggal di pedesaan, pastilah Anda tidak asing dengan tanaman sintrong, bukan? Ya, tanaman yang seringkali dianggap rumput liar/gulma karena memang tumbuh subur antara tanaman hortikultura ini seringkali dipandang sebelah mata. Padahal Sintrong bisa diolah menjadi aneka olahan sayur yang enak menggoda, dari mulai dibuat lalapan, urap-urap, pecel dan lainnya. Bahkan didalamnya terdapat khasiat yang sangat luar biasa, salah satunya mengobati penyakit kanker. Sintrong memiliki banyak sebutan, dari mulai jambrong, balastrong, tespong, sawi rusa, jebung dan lainnya.

manfaat daun sintrong

Di Indonesia sendiri, selain diolah menjadi sayuran, strong biasa dijadikan pakan ternak. Sintrong memiliki tekstur yang empuk, karena memang batangnya lunak, aroma daun sintrong juga enak mirip daun mint dan untuk rasanya sendiri cukup netral dan ramah dimulut sehingga semua pasti akan menyukainya.

Kandungan nutrisi daun sintrong

Meski sederhana, namun dalam daun sintrong terdapat banyak kandungan nutrisi penting, dari mulai polifenol, saponin dan juga flavonoida yang merupakan antioksidan kuat yang berfungsi menetralisir radikal bebas serta menurunkan tingkat kerusakan pada sel-sel tubuh. Selain itu, dalam daun sintrong juga terdapat kandungan minyak atsiri, vitamin dan juga mineral yang berkhasiat untuk tubuh.

Manfaat Daun Sintrong Untuk Kesehatan :

Mungkin Anda penasaran, kira-kira apa manfaat sehat yang bisa didapatkan dari daun sintrong? Agar tidak penasaran, simak informasinya berikut ini :

Mencegah penyakit kanker yang mematikan

Dalam daun sintrong terdapat kandungan vitamin dan antioksidan yang ampuh membantu menurunkan risiko penyakit kanker, baik kanker hati, kanker payudara, dan kanker lambung.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Bagi Anda yang menderita tekanan darah tinggi/hipertensi, sayuran sintrong bisa menjadi alternative yang aman dan menyehatkan karena membantu menjaga tekanan darah agar tetap normal.

Menjaga kesehatan lambung

Sintrong memiliki aroma khas yang mengurangi derita sakit lambung dan kandungan nutrisinya membantu menetralkan asam lambung serta menguatkan otot lambung sehingga bisa berfungsi lebih optimal.

Menguatan tulang

Dalam sintrong terdapat kandungan magnesium yang berfungsi memperkuat tulang dan menjaga kepadatannya.

Melancarkan system pencernaan

Dalam sintrong terdapat kandungan serat alami dan nutrisi penting lainnya yang berkhasiat membersihkan system pencernaan sehingga terhindar dari masalah yang mengganggu.

Meningkatkan system imunitas tubuh

Selain kaya antioksidan, dalam sintrong juga terdapat sifat anti bakteri, anti kuman dan anti inflamasi yang berkhasiat meningkatkan system imunitas tubuh.

Menurunkan kadar kolesterol jahat

Mengonsumsi daun sintrong bermanfaat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik sehingga tubuh lebih sehat.

Menghilangkan Nyeri

Daun sintrong bisa berkhasiat sebagai analgesic dan antipiretik yang membantu mengurangi rasa nyeri atau sakit pada bagian tubuh, misalnya : sakit kepala, nyeri punggung dan lainnya.

Cara mengonsumsi daun sintrong

Daun sintrong bisa dikonsumsi secara langsung sebagai lalapan, bsia direbus sebagai sayuran atau bisa juga diminum air rebusannya. Jika beberapa cara tersebut dirasa kurang cocok, Anda bsia mencoba cara lainnya, yakni : diblender bersama bahan-bahan berkhasiat lain atau dikeringkan lalu ditumbuk halus dan dikonsumsi sebagaimana minum kopi.

Efek samping daun sintrong

Meski bermanfaat bagi kesehatan, namun pastikan tidak berlebihan mengonsumsinya. Kenapa demikian? Ternyata didalam daun sintrong mengandung alkaloida pirolizidina yang jika dikonsumsi berlebihan justru dapat sebabkan kerusakan pada organ hati serta memicu timbulnya tumor/kanker.
Hem, ternyata daun sintrong yang seringkali diremehkan dan dianggap hanya pakan ternak justru memiliki manfaat sehat yang luar biasa ya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. (viv/01)