Dr Mustofa Helmi selaku ketua Halal Center Unair

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Tren industri halal saat ini tengah naik daun. Bukan hanya di negara muslim saja, bahkan dari beberapa negara di Benua Eropa juga tertarik secara serius untuk mengkaji hal ini karena manfaatnya bagi kesehatan.

Untuk itu, Rabu (28/3/ini 2018) Universitas Airlangga meresmikan Halal Center yang juga berfungsi sebagai Lembaga Pemeriksa Halal.

Dr Mustofa Helmi selaku ketua Halal Center Unair mengatakan bahwa lembaga yang Ia pimpin diawali dengan ide dari belum sadarnya mayoritas masyarakat Indonesia terkait urgensi dari kehalalan suatu produk.

"Padahal, halal atau tidaknya suatu produk ini bisa mempengaruhi kesehatan juga. Dari segi sosiologis misalnya, kalau masyarakat terus menerus dibuat was-was apakah yang mereka konsumsi itu halal atau tidak ya bisa bikin tubuh tidak sehat," jelas Mustofa.

Lebih lanjut, pria yang mengaku lama hidup di Eropa tersebut menjelaskan bahwa peluncuran Pusat Riser dan Pengembangan Produk Halal (PRPPPH) atau Halal Center Unair ini juga dilengkapi dengan laboratorium dengan teknologi tinggi (Biosafety Level 3). "Dengan laboratorium ini, maka kami juga bisa melakukan auditor kehalalan sampai ke level DNA," jelasnya.

"Saat ini pun, Unair sudah memiliki 35 orang calon auditor halal, 10 proyek riset dan pengembangan produk halal, dan konferensi internasional yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat," pungkas Mustofa. (bj/04)