Ilustrasi Stres

SURABAYAPAGI.com - Stres telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita dewasa ini. Tahukah Anda apa yang terjadi ketika sedang stres?

Stres seperti tamu yang tak diundang. Sayangnya stres dapat memiliki banyak dampak negatif pada tubuh dan kesehatan kita. Di sisi lain, tidak banyak pula orang tahu apa yang terjadi pada tubuh mereka ketika stres.

 

Berikut hal-hal yang terjadi ketika Anda sedang stres:

1. Menyumbat pori-pori dan merusak kulit

Ketika Anda stres, maka bisa menjadi awal kemunculan jerawat di wajah. Hal ini semua karena hormon stres yang disebut kortisol. Hormon tersebut menyumbat pori-pori di kulit dan menyebabkan jerawat.

2. Menjadi merah seperti tomat

Apakah Anda merasa seperti berkeringat saat duduk, bahkan ketika AC menyala? Apakah pipimu memerah juga? Jika iya, maka itu pasti akibat stres. Wajahmu akan memerah dan jantung berdetak lebih cepat, karena tubuh tidak mampu mendinginkan dirinya sendiri.

3. Merasa kehabisan tenaga sepanjang hari

Merasa lelah setelah kerja keras sehari adalah hal yang normal. Namun, ketika Anda merasa lelah meskipun tidak keluar rumah dan tanpa alasan sama sekali? Stres yang terus-menerus dapat membuat anda merasa mengantuk sepanjang hari dan sangat lesu.

4. Terlalu banyak rambut rontok!

Rambut Anda mulai rontok ketika tingkat stres meningkat. Saatnya untuk bisa mengelola stres sebelum Anda mengalami kebotakan.

5. Kadar gula darah turun

Ketika stres dalam hidup Anda meningkat, maka tubuh akan menjadi goyah dan lemah. Anda bahkan merasa ingin menyambar camilan apapun di depan mata. Perasaan aneh ini biasanya dapat dihubungkan dengan respon emosional yang kuat. Tangani stres sebelum membawa lebih banyak kekacauan dalam hidup Anda.

6. Anda akan merasakan kegugupan

Ketika Anda menjangkau untuk mengambil sesuatu dan merasakan tangan menjadi gemetar, maka bisa jadi mengalami stres. Stres sedang mencoba untuk melarikan diri dari tubuh Anda dalam bentuk gelisah!

7. Apakah Anda merasa lemas, pusing dan ingin pingsan?

Jika Anda merasa pusing atau tiba-tiba pingsan, jangan menganggap enteng masalah tersebut. Hal itu terjadi ketika ada penurunan tekanan darah. Tentu saja stres adalah pelakunya!

8. Anda merasakan nyeri sepanjang hari

Postur tubuh Anda berubah ketika sedang stres. Anda berdiri dengan bahu terangkat, punggung kaku dan rahang tergenggam. Tubuhmu akan terasa sakit. Jika Anda terus stres, maka akan merasa nyeri pada tubuh selain sakit kepala parah.

9. Terlihat jauh lebih tua dari usia Anda

Anda akan menambahkan banyak kerutan dan garis wajah ketika sedang stres. Ketika Anda menjalani kehidupan bebas stres atau tahu cara menangani stres, maka akan merasa dan terlihat lebih muda. Memperlambat proses penuaan dengan menendang stres keluar dari hidup Anda.

10. Imunitas melemah

Tingkat stres dapat memengaruhi daya tahan tubuh. Anda akan mudah sekali terserang flu dan kuman akan senang berada di tubuh orang yang sering stres. Anda akan menyadari bahwa tingkat energi, daya tahan dan ketahanan semuanya menurun. (oz/02)