Yulia Muhammad (paling kiri), yang diduga istri ketiga Opick, saat bersama kedua orang tuanya. (Foto: Istimewa)

SURABAYA PAGI, Surabaya - Sukses menjadi penyanyi religi, rumah tangga Aunur Rofiq Lil Firdaus alias Opick ternyata diwarnai prahara. Bahkan, berbau skandal wanita. Ini terungkap setelah istri keduanya, Wulan Maya Sari, meninggal dunia Minggu (18/3/2018) lalu. Sedang istri pertamanya, Dian Rositaningrum, bersikukuh dari penyanyi asal Jember itu. Ironisnya lagi, baru seminggu ditinggal Wulan, muncul nama Yulia Mochamad diramaikan sebagai istri ketiga Opick. Yulia bukan orang sembarangan. Selain cantik dan modis, ia juga disebut-sebut seorang pengusaha dan anggota dewan (politisi) yang berdomisili Depok, Jawa Barat. Lalu, mengapa bersedia dipoligami?

Kabar Opick memiliki tiga istri sebenarnya sudah berhembus sejak meninggalnya Wulan. Kabar itu makin kencang setelah beredar foto wanita yang disebut-sebut sebagai Yulia Mochamad tersebut. Tampak dalam foto itu, ia duduk bersama Opick dan foto dua orang tua yang diyakini sebagai orang tua Yulia. Kabarnya, foto itu diposting oleh Yulia pada Desember 2017 lalu.

Di foto itu, tampak keempatnya mengenakan baju yang sama, yakni berwarna putih. Mereka duduk di satu kursi yang sama dan saling bergandengan. Pria yang diduga ayah Yulia pun tampak menggandeng bahu Opick. Terlihat raut bahagia di wajah Opick dan Yulia, juga kedua orangtuanya. Foto itu kini sudah beredar di berbagai media sosial dan media lainnya.

Berdasarkan foto-foto Yulia di akun Facebooknya, wanita yang tinggal di Depok itu sebelumnya pernah menikah. Dari pernikahan sebelumnya, Yulia dikaruniai dua anak laki-laki yang tampan. Selain itu, sebelum dinikahi Opick pada Desember 2017, ia juga kerap bergaul dengan rekan sosialitanya.

Dilihat dari keterangan di Facebook, ia juga merupakan lulusan dari National University of Singapore. Yulia juga dikabarkan sebagai anggota dewan. Namun belum jelas dari parpol apa.

Didukung Sahabat

Kebenaran mengenai sosok istri ketiga Opick ini sempat ditanyakan wartawan kepada sahabat Opick, Ustaz Al Habsy. Namun ia tak mau buka suara soal kebenarannya dan sosok wanita yang jadi istri Opick tersebut.

Wallahualam (punya istri ketiga atau tidak, red), kalaupun ada saya malah mendukung. Saya belum tahu (istri ketiga Opick anggota DPR). Kalau belum ada (istri ketiga), saya mau nyariin,” kelit Ustad Al Habsy.

Ustad Al Habsy, memang mendukung bila Opick memiliki istri lebih dari satu (poligami). Menurutnya, berpoligami boleh dilakukan umat Islam. “Seorang muslim dan umatnya Nabi Mochamad itu jatahnya menikah 4 kali. Landasan ada di Alquran dan hadis, bahkan dilakukan Rasul. Kalau ada yang enggak suka sama poligami, maka secara enggak langsung, tak suka dengan ajaran Allah SWT,” tutur Al Habsy.

Sementara itu, Manajer Opick, Koko pun tampaknya tak terkejut saat nama Yulia Mochamad disebutkan. “Oh Yulia Mochamad. Kenapa memang ya (istri ketiga)? Kurang tahu juga kalau masalah itu,” ujarnya kepada wartawan, kemarin.

Koko menegaskan jika manajemen tak ingin mencampuri urusan pribadi Opick.

"Aku sih kalau pribadinya mas Opick juga nggak mau tahu, apa istri ketiga, keempat, kelima kek, aku nggak mau tahu," tegasnya,

Termasuk ketika wartawan menyinggung apakah benar istri ke-3 Opick adalah seorang anggota dewan. “Nggak tahu juga saya (istri ketiga Opick anggota dewan), saya juga tahunya juga di infotament saja dan sosmed,” tandas Koko.

Istri Pertama Ngotot

Istri pertama Opick, Dian Rositaningrum, juga enggan membeber soal istri ketiga Opick. Kata Dian, kehidupan Opick bukanlah haknya lagi untuk berkomentar.

"Kalau persoalan kehidupan mas Opick yang mempunyai beberapa istri, sekarang sudah bukan hak saya lagi berkomentar,” cetus Dian yang kini mengenakan cadar itu. “Enggak usah tanya ke saya silakan tanya ke yang bersangkutan," lanjut Dian.

Ketika ditanya kembali apakah Dian tahu mengenai sosok perempuan bernama Yulia tersebut, ia pun mengaku tak tahu-menahu. "Saya enggak tahu, jadi saya enggak dikasih tahu juga, benar-benar enggak ngerti, jadi harus mau ngomong apa,” tandas yang menolak menjelaskan alasan ia menggugat cerai Opick.

Dian dan Opick sebelumnya telah menikah sejak 15 Juli 2002. Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai lima orang anak. Opick kemudian menjadikan backing vocal-nya, mendiang Wulan, sebagai istri kedua.

Kemudian Dian menggugat cerai Opick pada 5 Februari lalu dengan nomor pendaftaran 0662/pdt.G/2018/PAJT. Sidang perdana kasus perceraian mereka telah digelar pada 6 Maret lalu. Kala itu, pihak Opick tidak hadir. Begitu saat sidang digelar Selasa (27/3), penyanyi ‘Tombo Ati’ itu juga tak tampak di persidangan.

Opick Kecewa

Ismar Syafrudin, kuasa hukum Opick, mengungkapkan kliennya kecewa dengan isu poligami yang beredar. Apalagi setelah muncul kabar istri kedua Opick meninggal karena efek poligami. "Kita merasa seperti itu, beliau (Opick) kecewa juga dengan pemberitaan-pemberitaan seperti itu. Termasuk dianggap bahwa kematian istrinya adalah efek dari dianggap menikah lagi atau seperti apa. Itu kan belum pasti juga," papar Ismar Syafrudin.

Opick sendiri sampai saat ini belum mau buka suara mengenai masalah rumah tangganya hingga digugat cerai oleh istri. Ismar Syafrudin menegaskan, meninggalnya Wulan Mayasari tidak ada hubungan dengan poligami yang dilakukan Opick.

"Makannya kami sebagai kuasa hukumnya menyampaikan bahwa tidak benar ya meninggalnya istrinya hanya karena beliau seperti itu (menikah lagi). Itu tidak ada," kata Ismar Syafrudin. Selain itu, pengacara juga meminta masyarakat tidak menghujat karena yang dilakukan kliennya, Opick tak menyimpang dari ajaran agama. n jk/umr/an