Bupati jember Saat di Bandara Bersama Lanud Abdulrahman Saleh

SURABAYAPAGI.com, Jember - Bandara Udara kebanggaan masyarakat Jember, Notohadinegoro, hari ini dipadati oleh anggota TNI AU untuk menggelar latihan gabungan bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, PMI Jember. Dalam latihan penanganan terorisme dan penanganan bencana yang digelar di Bandara Udara Notohadinegoro, 4/4, merupakan latihan rutin Lanud Abdulrahman Saleh. Dimana latihan ini adalah latihan kesiagaan TNI AU untuk menjaga wilayah udara Nasional.


Dalam acara tersebut, selain dihadiri langsung oleh Komandan Lanud Abdulrahman Saleh, Kolonel. Pnb. Andi Wijaya, dan Bupati-Wakil Bupati Jember, juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Jember.


Disampaikan oleh DanLanud Abdulrahman Saleh, Kol. Pnb. Andi Wijaya, bahwa dipilihnya Lapangan terbang Notohadinegoro ini karena karakteristik wilayah Geografisnya berbukit dan sangat dekat dengan pantai. Latihan ini, lanjutnya, selain melakukan simulasi penguasaan lapangan terbang dari teroris, akan tetapi pihak Lanud sendiri lebih fokus pada penanganan korban bencana dari udara dengan melibatkan pihak pemerintah Kabupaten Jember melalui BPBD dan PMI.


Dijelaskan oleh Andi, bahwa dalam latihan tersebut, pihak Lanud Abdulrahman Saleh juga melibatkan sedikitnya 72 penerjun, yang diantaranya adalah pasukan Pengendali dan Tempur (Dalpur), serta Pasukan Khas AU (Paskhas), dan pasukan penyusup serta Pasukan Medis.

"Kami disini, hari ini, ingin memberitahukan kepada seluruh rakyat Indonesia, utamanya masyarakat Jember bahwa TNI AU Siap mengamankan setiap jengkal wilayah udara dan darat NKRI. Dan, yang paling penting, bahwa kami juga Siaga dan Siap saat terjadi bencana", ungkapnya.


Sementara itu, Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR, dalam latihan gabungan Lanud Abdulrahman Saleh ini merupakan pembelajaran bagi masyarakat, bahwa TNI AU bersama Pemerintah Daerah Siap mengamankan masyarakat dalam segala hal, baik penanganan teroris maupun penanganan bencana. "Kami selaku Pemerintah Kabupaten Jember siap untuk bersinergi dengan pihak apapun, selama itu untuk kebaikan masyarakat Jember", Jelasnya.


Faida juga menyatakan kesiapannya bersama jajaran Pemkab Jember untuk menghadiri Airshow yang diselenggarakan di Lanud Abdulrahman Saleh bulan depan sebagai bentuk komitmen Pemkab Jember bersama Lanud Abdulrahman Saleh untuk membangun wisata edukasi kedirgantaraan,"pungkasnya. ndik