Bakti Sosial : Murid-murid dari Sekolah Menengah Pertama 17 Agustus mengadakan kegiatan bakti sosial dengan berbagi nasi bungkus kepada para pengguna jalan di Jl. Semolowaru, Surabaya Jum’at (6/4).

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Menjelang Ujian Nasional, Sekolah Menengah Pertama (SMP) 17 Agustus Surabaya gelar bakti sosial. Bakti sosial dilaksanakan setelah Sholat Jum’at dengan membagikan 700 nasi bungkus di depan sepanjang Semolowaru Surabaya, Jum’at (06/04).

Wiwik Wahyuningsih, Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) 17 Agustus Surabaya mengatakan, pemilihan pada hari Jum’at sebab, mempunyai arti hari yang barokah bagi kegiatan. Sebelumnya, murid-murid kelas menggelar sholat dzuha dan istigosah bersama.

"Pembagian nasi bungkus berasal dari dana siswa masing-masing. Dengan membawa nasi bungkus dari rumah masing-masing. Satu siswa ada yang membawa 10 hingga 120 bungkus nasi hingga mencapai pengumpulan 700 nasi bungkus," jelasnya di Surabaya.

Selain itu, satu tahun pembagian nasi bungkus rutin dilaksanakan hingga tiga kali oleh SMP 17 Agustus. Agenda pembagian nasi bungkus dilaksabakan pada pembagian takjil hari romadhan, hari mendekati UN SMP dan hari Muharam dengan membagikan kepada para anak Yatim Piatu.

"Tidak hanya membagikan nasi bungkus. SMP 17 Agustus Surabaya selalu membagikan air mineral pada hari Jum’at selesai sholat Jum’at dengan dibagikan para siswa-siswi di masjid maupun sekolah," ungkapnya.

Wiwik menambahkan, Bakti sosial pembagian nasi bungkus merupakan bentuk pembelajaran karakter kepada siswa-siswi, gotong-royong dan religius. Oleh karena itu, tidak hanya cara untuk sarana belajar dan mengajar namun untuk bertoleransi kepada para sesama umat. tus