Ferdy Sukananda, Kasi Managemen Keselamatan Dishub Kota Kediri saat memberikan buku tertib lalu lintas ke Kepala Sekolah SMPN 2 Kota Kediri. (SP/CAN)

SURABAYAPAGI.com, Kediri - Keselamatan anak di jalan sudah menjadi masalah global. Menyikapi hal tersebut Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kediri saat ini gencar mensosialisasikan Rute Aman dan Selamat Sekolah (RASS) ke seluruh pelajar di Kota Kediri.


Kasi Managemen Keselamatan Jalan Dishub Kota Kediri, Ferdy Sukananda mengatakan, saat ini pihaknya sedang gencar mensosialisasikan zona selamat sekolah di Kota Kediri. "Dari tahun lalu kita sudah gencar mensosialisasikan. Hal ini bertujuan agar pelajar dapat memahami dan mengetahui manfaat serta fungsi sejumlah rute zona selamat sekolah yang sudah ada. Dengan hal ini maka harapannya dapat mengurangi angka kecelakaan bagi pelajar," ujarnya, saat mensosialisasikan rute selamat sekolah di SMPN 2 Kota Kediri, Jumat (6/4/2018).


Menurut Ferdy, dengan sosialisasi tersebut seluruh pelajar nantinya ikut menyampaikan atau berkampanye dalam keselamatan berkendara di jalan raya. "Saat ini kita pacu agar seluruh pelajar juga ikut menyampaikan sosialisasi ini ke seluruh kerabat, teman hingga keluarga," jelasnya.


Sejauh ini, fasilitas yang sudah diberikan bagi pelajar dalam menekan angka kecelakaan di Kota Kediri yakni Bus Sekolah Gratis untuk melayani pelajar dalam berangkat maupun pulang sekolah.


Sementara program Rute Aman Selamat Sekolah (RASS) di Kota Kediri yaitu Zona Selamat Sekolah (ZoSS) yang berwarna merah di depan sekolah yang dilengkapi alat bantu penyebrangan Pelican Crossing (untuk menyalakan lampu trafic light penyebrangan dan membunyikan sirine penyebrangan), Halte, Warning Light, Alat Pembatas Kecepatan (Pita Penggaduh), Marka berbiku-biku kuning (dilarang parkir pada jalan tersebut) dan rambu-rambu lalu lintas.


Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 2 Kota Kediri, Andi Joko Santoso mengatakan, kegiatan yang digelar Dishub Kota Kediri tersebut sangat membantu dan bermanfaat bagi pelajar. Pasalnya dengan sosialisasi ini siswa lebih mengenal tata cara berlalu lintas. "Alhamdulilah terdapat sinergi. Sehingga dapat mengurangi angka kecelakaan pelajar di Kota Kediri," tandasnya.


Selain sosialisasi dari Dishub, sekolah juga gencar melatih siswa untuk paham berlalu lintas dan juga memberikan pengenalan rambu-rambu lalu lintas jalan. "Kita juga ajarkan siswa untuk lebih memperhatikan rambu-rambu lalu lintas saat berkendara. Hal ini agar dapat mengurangi angka kecelakaan," pungkasnya. Adv/can