Agus Harimurty Yudhoyono (tiga dari kiri) berdampingan dengan KH Muzakki Syah pengasuh Ponpes Al-Qodiri Jember, kemarin. (SP/RIKO)

SURABAYAPAGI.COM, Jember - Tidak seperti biasanya, jamaah pengajian Sholawat Manaqib Syech Imam Al-Ghozali di Pondok Pesantren Al-Qodiri Jember Kamis malam Jumat legi (6/4) tiba-tiba kedatangan tokoh muda millennial Agus Harimurty Yudhoyono. Kedatangan AHY itu tentu membuat jutaan jamaah berdecak kagum, ada tokoh muda mau ikut mengaji ditengah-tengah mereka.

Malam itu, AHY disambut bangga oleh jutaan Jamaah Al-qodiriyah asuhan KH Ahmad Muzakki Syah. Para jamaah yang datang tidak hanya dari Jawa Timur, namun dari seluruh penjuru Indonesia bahkan Malaysia. “Mas AHY, Mas AHY, Alhamdulillah ada tokoh muda seperti Mas AHY yang mau ikut sholawat dan bareng kami orang-orang biasa,” kata Falina, jamaah jamaah asal Sumedang – Jawa Barat, Kamis malam (6/4/2018).

AHY datang sejak pukul 20.30 WIB di kediaman KH. Muzakki Syah di Desa Gebang, Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. AHY yang datang bersama Sekretaris DPD Partai Demokrat Jawa Timur Renville Antonio serta Bayu Airlangga (Ketua Muda-Mudi Demokrat), Agung Mulyono (Anggota DPRD Jatim) disambut langsung oleh KH Muzakki. Menyusul kemudian KH Asep Syaifuding Chalim (Ponpes Amanatul Ummah), Hj Khofifah Indar Parawansa (Calon Gubernur Jawa Timur) dan Romahurmuzy (Ketua Umum PPP).

Para tokoh ini kemudian diajak ke halaman belakang rumah seluas 3 hektar tempat pengajian. AHY pun diajak untuk menembus kerumunan massa dengan berjalan kaki. Sontak saja, AHY dan juga Hj Khofifah dielu-elukan oleh para jamaah.

Disela melakukan sholawat dan sambutan-sambutan, KH Muzakki mengatakan bahwa AHY ini baru pertama kalinya datang ke pengajian di AL-Qodiri Jember. Tapi sebelumnya, Bapak AHY, yakni Susilo Bambang Yudhonoyo berulang kali ikut pengajian sejak belum jadi Presiden. “Bahkan tak jarang, Pak SBY ikut pengajian dengan cara teleconference saat sudah jadi presiden. Nah sekarang ini semoga Mas AHY tidak sekali ini saja hadir ditengah-tengah kita,” ungkap ulama kondang yang konon menjadi jujugan bagi umat manusia dimanapun untuk meminta doa kesembuhan dan lepas dari segala permasalahan hidup.

AHY juga sempat didaulat memperkenalkan diri oleh KH Muzakki. Kandidat capres alternatif ini mengatakan sangat kagum dan tenang ketika berada di tengah-tengah jamaah Al-Qodiri. “Saya seperti mendapat energy baru bisa mengaji bersama-sama para alim ulama dan jamaah sholawat Al-Qodiri, semoga saya diberi kesempatan untuk hadir kembali di sini,” kata Komandan Kogasma Partai Demokrat sembari mengatakan baru kali ini melihat jamaah pengajian yang hadir tanpa diundang tapi jumlahnya luar biasa banyak ini.

Kehadiran AHY itu merupakan rangkaian kegiatan Sambang Jatim di 17 kabupaten/kota di seluruh Jawa Timur. Usai dari Jember, AHY menutup kegiatan keliling Jatim di Banyuwangi dengan menemui komunitas petani di Kecamatan Rogojampi. Kedatangan AHY ini juga sekaligus untuk mensosialisasikan pasangan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 27 Juni 2018 nanti. rko