ilustrasi

SURABAYAPAGI.com, Surabaya – Memiliki tingkat kecerdasan tinggi ternyata tidak hanya dilihat dari dengan hal-hal seperti buku, kacamata, dan belajar tanpa henti. Namun, penelitian terbaru menemukan hal menarik, yaitu hubungan antara sarkasme dengan kecerdasan.

Dilansir dari yourtango.com, Kamis (5/4/2018), menurut American Psychological Association, kemampuan membaca dan menggunakan sarkasme sebenarnya adalah tanda dari orang cerdas dan kreatif.

Berdasarkan penelitian diketahui bahwa orang yang mendengarkan orang lain marah akan memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi untuk memecahkan masalah analitik, namun tidak berhasil dalam memecahkan masalah kreatif. Berbeda dengan orang yang mendengarkan orang lain netral secara emosional.

American Psychological Association juga menjelaskan bahwa memahami ekspresi sarkasme membutuhkan lebih banyak usaha kognitif dan pemikiran kompleks, daripada memahami kemarahan secara langsung. Upaya kognitif ini diperlukan untuk memecahkan arti harafiah dari kata-kata dan menafsirkan makna yang mungkin bertentang.li