SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Debat publik perdana Pilkada Jatim 2018 telah usai digelar oleh KPU Jatim. Namun, debat tersebut masih menyisakan beberapa momen unik. Berikut rangkumannya.

1. Gus Ipul memanggil Khofifah dengan nada Rhoma Irama

Kumpulan Momen Lucu di Debat Perdana Pilkada Jatim Dok. IDN Times/Istimewa

Debat perdana kali ini tak hanya tentang momen serius adu gagasan saja. Beberapa momentum yang memicu gelak tawa terjadi di dalamnya. Salah satunya saat Gus Ipul memanggil nama Khofifah, "Bu Khofifah", ia menggunakan nada yang besar sehingga terkesan seperti raja dangdut Rhoma Irama. Sontak semua yang ada di dalam ruangan pun tertawa.

2. Gus Ipul sempat bingung siapa yang seharusnya bertanya

Kumpulan Momen Lucu di Debat Perdana Pilkada Jatim Dok. IDN Times/Istimewa
Selain memanggil Khofifah dengan nada berat layaknya Rhoma Irama, Gus Ipul juga sempat bingung dalam debat perdana ini. Hal itu terjadi saat momen terakhir ketika kedua paslon dipersilahkan oleh moderator untuk saling bertanya.

"Terus ini yang tanya giliran siapa, saya tadi sudah tanya," ujar Gus Ipul. Sontak, Khofifah pun menahan tawa di depan Gus Ipul namun audiens yang datang malah tertawa lepas.

3. Gus Ipul sepakat dengan Khofifah ketika tiap petani harus punya lahan minimal setengah hektar

Kumpulan Momen Lucu di Debat Perdana Pilkada Jatim Dok. IDN Times/Istimewa

Lebih lanjut, momen unik lainnya yakni saat Khofifah mengatakan pandangannya terhadap petani di Jawa Timur. "Harusnya petani di Jawa Timur diberi pupuk yang sesuai, tidak ada lagi bingung pupuk. Kemudian, petani kita harus punya tanah setengah hektar, itu minimal," tegas Khofifah.

Menanggapi hal itu, Gus Ipul sempat terdiam sejenak. Dia justru tak mendebat melainkan sepakat dengan kubu lawan. Penonton tertawa dan bertepuk tangan.