Home Gaya Hidup Berita Wisata 9 Jembatan Paling Mengagumkan di Dunia CNN Indonesia, CNN Indonesia | Rabu, 11/04/2018 10:16 WIB Bagikan : 9 Jembatan Paling Mengagumkan di Dunia Jembatan Hong Kong-Zhuhai-Macau. (REUTERS/Bobby Yip)

SURABAYAPAGI.com - Wisata sejarah tak hanya sebatas ke istana atau museum. Mengunjungi jembatan juga bisa menambah wawasan, apalagi jika bangunan tersebut memiliki konsep rancangan yang unik.

Jembatan Golden Gate di San Francisco atau Tower Bridge di London bukan satu-satunya jembatan yang wajib untuk dikunjungi. Berikut ini ialah sejumlah jembatan di dunia yang juga layak disambangi:

1. Brooklyn, Amerika Serikat

Beroperasi pada tahun 1883, jembatan ini menjadi salah satu jembatan gantung tertua di Amerika Serikat. Jembatan ini juga masuk dalam daftar Ikon Sejarah Negara Paman Sam.

2. Charles, Ceko

Selesai dibangun pada tahun 1400-an, jembatan ini melintasi Sungai Vlatva di Praha.

Berbahan baku batu, jembatan ini juga menawarkan pemandangan cantik berupa patung dan bangunan bersejarah di sekitarnya.

3. Akashi-Kaikyo, Jepang

Memiliki panjang sekitar 1.991 meter, jembatan yang berada di kawasan Kobe ini menjadi jembatan gantung terpanjang di dunia. Posisi ke-dua ditempati oleh jembatan Xihoumen di China.

Selain panjang, jembatan ini juga disebut terkuat karena tak goyah saat terjangan gempa dahsyat pada tahun 1995.

4. Hong Kong-Zhuhai-Macau, China

Jembatan ini disebut sebagai jembatan terpanjang yang melintasi lautan di dunia. Kawasan Hong Kong, Zhuhai, dan Makau dihubungkan oleh jembatan sepanjang 55 kilometer ini.

Dibangun sejak tahun 2009, jembatan ini baru beroperasi pada akhir tahun 2017.

5. Sunniberg, Swiss

Jika ingin menikmati pemandangan alam Swiss dengan cara lain, mungkin bisa dengan mencoba melintas di jembatan ini.

Disebut sebagai jembatan dengan pemandangan paling fotogenik di dunia, jembatan ini juga telah memenangkan banyak penghargaan desain atas rancangannya.

6. Nescio, Belanda

Beroperasi sejak tahun 2006, jembatan ini memiliki rancangan yang unik, karena terpecah menjadi dua jalur di ujungnya.

Jembatan ini juga diperuntukkan untuk pejalan kaki dan pesepeda yang ingin menikmati pemandangan Sungai Rhine di Amsterdam.

7. Millau Viaduct, Perancis

Berdiri di perbukitan Millau, selatan Perancis, jembatan ini mendapat predikat sebagai yang tertinggi di dunia, dengan tinggi sekitar 342,9 meter.

Ketika kabut datang, melintas jembatan ini bagai berjalan di atas awan.

8. Confederation, Kanada

Melintas di antara Pulau Prince Edward dan New Brunswick, Kanada, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang yang melintas di atas permukaan es.

Karena melintas di permukaan yang "kritis", struktur bangunan jembatan bangunan ini sangat kuat dan diperkirakan hanya bisa retak jika diledakkan.

9. Øresund, Denmark-Swedia

Mengunjungi Denmark dari Swedia tak cuma bisa dilakukan dengan pesawat terbang. Jembatan ini menghubungkan kedua negara dengan terowongan yang menembus di bawah laut.

Sepanjang delapan kilometer, jembatan ini juga memiliki jalur kereta.