Kades (Kepala Desa) Mentaos dan dua perangkat desa diperiksa Panwaslu Kecamatan Gudo, Jombang, Kamis (12/4/2018).

SURABAYAPAGI.com, Jombang - Gara-Gara foto cabup, Kades (Kepala Desa) Mentaos dan dua perangkat desa diperiksa Panwaslu Kecamatan Gudo, Jombang, Kamis (12/4/2018).

Pemeriksaan itu terkait beredarnya foto yang bersangkat saat menghadiri kampanye calon bupati (cabup) Jombang nomor urut 3, M Syafiin. Perangkat desa berinisial NN (38) ini menjalani pemeriksaan di kantor Panwaslu Gudo.

Sebelumnya, Panwaslu juga memeriksa Kades Mentaos, MS (45). "Tiga orang tersebut foto bareng cabup saat ada perhelatan wayang kulit di Klenteng Gudo," kata Ketua Panwaslu Gudo, Sugeng Riadi.

Sugeng menjelaskan, sesuai aturan ASN (Aparatur Sipil Negara) tidak diperbolehkan foto bareng cabup. Namuan aturan tersebut tidak digubris oleh Kades Mentaos dan perangkatnya. Foto perangkat itu tersebar luas setelah acara wayang kulit di Klentang Gudo yang dihadiri cabup Syafiin, beberapa waktu lalu.

"Selain memeriksa Kades dan dua, perangkat, kami juga memeriksa sejumlah saksi. Kami juga memeriksa panitia penyelenggara wayang kulit. Dengan begitu akan diketahui apakah ini masuk pidana pemilu atau tidak," pungkas Sugeng.be