SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Selama ini, kopi seringkali disebut-sebut sebagai penyebab noda di gigi dan menyebabkan gigi menjadi kuning. Namun, seorang dokter gigi baru-baru ini mengklaim bahwa teh memiliki efek yang lebih merugikan gigi dibanding kopi.

Seperti dilansir dari laman The Independent, Kamis, 19 April 2018. Jordan Kirk, seorang ahli gigi mengatakan bahwa segala jenis teh dapat menyebabkan gigi berubah warna.

"Enamel gigi secara alami berpori dan dapat menyeraptanin dalam teh, yang mengakibatkan perubahan warna gigi menjadi yang tidak menyenangkan," katanya.

Teh mengandung beberapa senyawa yang sudah diketahui mampu menyebabkan timbulnya noda pada gigi. Ini termasuk theaflavin, thearubigins dan theabrownins. Semakin banyak Anda minum teh, tiga senyawa ini akan semakin membuat gigi berubah warna.

Teh hijau diduga mengandung kadar tanin tertinggi, seperti yang dinyatakan oleh Victor R Preedy, penulis buku berjudul Tea in Health and Disease Prevention.

Meski begitu, beberapa tanin adalah antioksidan, dan dengan dilaporkan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

Menurut Kirk, kadar tanin yang tinggi menciptakan plak di gigi, yang pada gilirannya dapat menyebabkan gigi berubah warna menjadi kuning.