Gubernur Jawa Timur, Ir Soekarwo, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol.Machfud Arifin dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arief Rahman saat bergabung di lapangan dalam rangka tiga Pilar

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Halaman Mapolda Jawa Timur dipenuhi tiga pilar, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa dalam rangka Pilkada aman.

Hadir dalam Apel Tiga Pilar ini Gubernur Jatim - Soekarwo, Kapolda Jatim - Irjen Pol Machfud Arifin, Pangdam V Brawijaya - Mayjen TNI Arif Rahman.

Menurut Gubernur Jatim Soekarwo, komitmen ini bukan semata Tiga Pilarnya, tetapi pelaksananya, yakni antara Babinsa, Babinkamtibmas, serta Kepala Desa/Lurah.

"Bagaimana mengaktualisasikan kekerabatan, kerukunan, kekeluargaan dalam proses itu (Pilkada, red) tang kemudian dilakukan oleh pimpinan daerah," kata Pakde Karwi, Jumat (20/4/2018).

Pakde Karwo menilai, ini adalah komitmen yang luar biasa yang dikelola oleh Kapolda Jatim dan Pangdam V Brawijaya. Sehingga nilai kedamaian yang tumbuh dari bawah tersebut, dikelola dan diwujudkan melalui apel. "Jadi apel ini bukan tujuan, apel ini bentuk pengelolaan kondisi yang sangat bagus di Desa dan Kelurahan," tambah Karwo.

Gubernur mengapresiasi langkah Kapolda Jatim yang telah berhasil mengumpulkan tiga pilar ini. Menurutnya, kegiatan semacam ini belum pernah dilakukan oleh wilayah lain, dan baru pertama kali dilaksanakan di Jawa Timur.

"Bagaimana nilai yang tumbuh di pedesaan, dengan pendekatan kekeluargaan, dikelola menjadi kerja bersama, ini luar biasa," imbuhnya. Inilah arti sebuah Pancasila.

Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin mengakui, bahwa konsep tiga pilar ini rupanya ditawarkan oleh Gubernur Jatim maupun Pangdam V Brawijaya ke berbagai daerah. Dimana agar daerah lain juga meniru konsep kedamaian Jatim. "Betapa inginnya orang lain ingin meniru apa yang ada di Jawa Timur, guyup rukun dalam mengelola keamanan," kata Kapolda.

Kapolda mengajak seluruh masyarakat untuk turut menjaga keamanan di Jawa Timur. Terlebih dalam waktu dekat, merupakan pelaksanaan agenda Pilkada serentak 2018. Kapolda berharap semua berjalan dengan baik, dan partisipasi masyarakat cukup tinggi.

"Dari sekian tahapan, tidak ada pelanggaran, berarti ini sukses. Sampai pada debat pertama, tinggal dua lagi (debat, red)," tambahnya.

Sementara itu, Pangdam V Brawijaya - Mayjen TNI Arif Rahman menegaskan, melalui apel ini diharapkan dapat memberikan keyakinan kepada masuarakat Jawa Timur, bahwa Pilkada dapat berjalan dengan aman, damai dan lancar. "Berkat tiga pilar plus. Jadi hari ini betul betul luar biasa, mereka berikrar melaksanakan komitmen ini dengan baik,"pungkasnya.nt