SURABAYAPAGI.com, Jakarta-Salah satu hal penting saat melakukan traveling adalah update di sosial media. Misalnya, Instagram. Walaupun kebanyakan pengguna Instagram terbiasa mengumbar gaya hidup berlebihan. Memang tak bisa dipungkiri, banyak akun dalam Instagram memberikan kita manfaat. Salah satunya, menentukan tempat tujuan petualangan baru dan bisa dikemas dalam bentuk foto, caption dan video secara menarik. Tidak hanya itu, beberapa akun juga dapat memberi tips dan trik yang mempermudah kita sampai ke tempat tujuan, memberikan pengalaman baru serta menjalin hubungan dengan warga lokal. Mengasikan tentunya.


Tentunya, hal pertama yang kita lihat di feed para traveler Instagram adalah foto dan video mereka saat traveling yang membuat kita kepengen ikutan liburan.


Apalagi saat stres memuncak, tentunnya liburan menjadi satu-satunya solusi. Kalo begitu langsung aja rencanakan liburan lewat Instagram, dan segera cari tiket pesawat murah. Dilansir dari 1000 traveltips, ini 9 tips paling bener saat merencanakan traveling lewat Instagram.


1. Follow Warga Lokal

Untuk mengetahui lebih dalam tentang destinasi yang pengin kita kunjungi, warga lokal memang jadi nara sumber terbaik untuk mendapatkan apa yang kita butuhkan. Mungkin agak susah sih menemukan akun seseorang warga lokal, jadi cobalah cari sebuah komunitas, seperti fotografer lokal yang sering share berbagai foto-foto di akun sosial medianya. Barangkali saja, lewat warlok, kita bisa mendatangi tempat-tempat yang jarang di datengin turis di daerah tersebut.


2. Cari Lembaga Pariwisata yang bisa berinteraksi langsung dengan warga lokal. Hal ini memudahkan kita mendapatkan banyak informasi destinasi yang dibutuhkan. Tapi mendapatkannya dari sisi yang lain, seperti Lembaga Pariwisata juga sama pentingnya. Dari sini kita bisa menemukan informasi seputar jadwal transportasi, nomor telepon travel agen resmi, atau mungkin festival budaya. Asik banget kan.


3. Interaksi

Interaksi emang penting banget buat turis. Mau lo turis lokal ataupun internasional. Semakin banyak lo berinteraksi dengan banyak orang, semakin banyak juga informasi yang bisa lo dapatkan. Kemungkinan lainnya, lo bisa menambah koneksi atau mungkin mendapatkan tawaran untuk menginap gratis dan menjadi tour guide pribadi, hehehe.


4. Klik Geotags

Berterima kasihlah pada orang-orang yang selalu memberikan informasi lokasi melalui geotags di Instagram mereka. Hal ini membuat lo semakin mudah untuk mengetahui sebuah destinasi yang pengen lo tuju. Dari sini juga lo bisa melacak destinasi terdekat lainnya disekitar destinasi utama. Telusuri melalui map, simpan, dan lo bisa mengunjungi destinasi impian lo di waktu yang tepat.


5. Jejalahi Tagar (#)

Tanda pagar menjadi salah satu alat yang bisa lo maksimalkan untuk mendapat informasi penting seputar traveling. Banyak informasi dan beragam foto muncul dalam waktu singkat kalo lo searching sesuatu di Instagram lewat tanda pagar. Rajin-rajinlah scroll layarnya ke bawah untuk mendapatkan apa yang lo cari.


6. Follow “Sang Ahli”

Follow traveller ahli. Kemampuannya tak diragukan lagi dengan jam terbang perjalanan yang sangat tinggi dan mengetahui banyak informasi seputar destinasi dan beragam tips. Kita hanya follow mereka dan cari tahu informasi yang kita butuhkan. Sering-seringlah bertanya soal traveling di kolom komen mereka.


7. Waktu Terbaik Untuk Pergi Melalui Instagram.

Kita juga bisa mengetahui kapan waktu terbaik untuk pergi ke suatu tempat. Misalnya, pengen liburan naik balon udara di Cappadocia, Turki, maka cobalah cari tahu kapan waktu paling baik buat pergi kesana. Traveling adalah sesuatu yang menyenangkan untuk dilakukan, maka carilah berbagai hal yang bisa mempermudah perjalanan kita.


8. Caption Instagram pada Foto

Jangan malas baca, banyak travelgram yang memberikan tips atau informasi seputar destinasi pada foto instagramnya. Biasanya mereka bakalan membagikan caption-nya melalui sebuah foto. Kalau beruntung, kita bahkan bisa bertemu dan menikmati liburan bersama.


9. Follow Akun Tourism Board

Lo juga bisa mengikuti akun tourism board seperti Visit Banyuwangi, Visit Bogor, Visit Gorontalo dan lainnya. Akun instagram tersebut memang digunakan untuk mempromosikan wisata daerah masing-masing. Biasanya para akun tersebut juga akan meng-update event wisata yang akan atau sedang berlangsung. Jika tertarik, catat tanggalnya, lalu masukan ke dalam list things to do.

Bayangin, cuma dari sebuah akun sosial media, yaitu Instagram, lo udah bisa merencanakan liburan lo. Daripada digunain cuma buat hal-hal negatif mendingan cari-cari inspirasi liburan.

Kalau begitu langsung saja rencanakan liburan dengan segera ke

www.traveloka.com/tiket-pesawat