SURABAYAPAGI.com, Gresik - Memperingati Hari Kartini, siswa-siswi dari pendidikan anak usia dini (PAUD) Kenanga, Desa Yosowilangun Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Senin pagi (23/4/2018) serentak memakai busana daerah saat masuk sekolah.

Dengan menggunakan busana daerah dari berbagai daerah seperti Jawa, Sumatera, Bali dan Sulawesi para siswa-siswi ini tampak tampil beda dan seolah menggambarkan kisah perjuangan Raden Ajeng Kartini (RA Kartini).

Selain memakai busana daerah, sebagian pula siswa-siswi dari Paud Yosowilangun memakai seragam polisi, TNI AD, TNI AU, TNI AL dan ada pula memakai seragam IARMI plus baret ungunya.

Sosok Kartini adalah seorang perempuan yang memperjuangkan emansipasi wanita.

Tri Utami, orangtua dari Pipik Diah Arviani (3), salah satu siswi PAUD Yosowilangun mengatakan, acara semacam ini sangat bagus untuk meningkatkan rasa percaya diri anak. Selain itu juga untuk menanamkan rasa cinta tanah air tentang budaya daerah dalam memaknai perjuangan RA Kartini.

"Sangat bagus yah, acara semacam ini bisa dijadikan motivasi untuk meningkatkan rasa percaya diri anak. Apalagi temanya bersifat kedaerahan anak-anak jadi tahu budaya asli Indonesia," ujarnya kepada Surabaya Pagi, Senin (23/4/2017).

Sementara itu, Kepala Sekolah PAUD Kenanga, Yosowilangun Maratul Chusniah, mengemukakan bahwa perayaan Hari Kartini selalu dirayakan siswa-siswi-nya setiap tahun.

"Tujuannya, mengenalkan sejarah perjuangan Kartini sekaligus mengenalkan budaya nusantara," katanya. Mis