Bupati bersama wabup dan Kepala Dinas Pendidikan Lamongan menyalami siswa yang akan mengikuti UNBK di SMPN 1 lamongan. FOTO: SP /MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYA PAGI, Lamongan - Bupati Lamongan H Fadeli berharap lulusan SMP terbaik di Jawa Timur berasal dari siswa Lamongan, yang kini tengah berjuang menjadi yang terbaik saat mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Senin (23/4/2018).


Harapan itu disampaikam Fadeli usai melakukan sidak pertama pelaksanaan UNBK di SMPN 1 Lamongan, bersama Wabup Kartika Hidayati dan kepala Dinas Pendidikan Adi Suwito dan jajaranya.


Disebutkan olehnya, harapan itu bukan mustahil diraih, kalau pihak siswa benar-benar bisa mengerjakan soal diujikan dengan hasil yang memuaskan, dan terpenting lagi juga lulus semua. "Target kami semua peserta UNBK Lamongan bisa lulus semua, dan dibarengi dengan kualitas, agar lulusan terbaik di Jawa Timur berasal dari Lamongan, "harapnya.

Sementara itu, semua lembaga pendidikan setara SMP di Lamongan sukses melakukan sinkronisasi server Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sehingga tidak salah jika Lamongan mengklaim 100 persen UNBK.


“Laporan terakhir yang kami terima tadi malam, semua (lembaga) sudah siap. Ini luar biasa dan membanggakan. Karena secara nasional, belum 100 persen, “ ujar nya.


Sebelumnya memang belasan lembaga pendidikan setara SMP di Lamongan mengalami sedikit kendala untuk melakukan sinkronisasi server UNBK.

“Sekolah swasta juga mampu mempersiapkan diri untuk melaksanakan UNBK, ini luar biasa, dan patut diapresiasi kerja kerasnya, “ ujarnya menambahkan.


Tahun ini, jumlah peserta UN tingkat SMP sederajat di Lamongan mencapai 20.233 siswa, dari 359 lembaga sekolah negeri dan swasta. Dengan rincian lembaga SMP sebanyak 156 negeri swasta, Mts 176 negeri swasta lembaga dan Paket B 12 serta paket C 15 lembaga. jir