Perlombaan Festival Akuatik 2018 (FAI). (re)

SURABAYAPAGI.com, Surabaya – Strategi Jatim dalam event Kejurnas Festival Akuatik 2018 (FAI) berbuah manis. Jatim berhasil meraih kemenangan pada cabor renang dengan perolehan medali 43 emas, 27 perak, dan 38 perunggu.

Dengan kemenangan ini, tidak hanya pelatih Jatim yang merasa bangga namun pihak PB PRSI juga turut memberikan sanjungan atas prestasi ini.

Meski hasil medali tahun ini lebih sedikit dibanding FAI tahun lalu, yaitu 52 emas, 40 perak, dan 32 perunggu. Atas prestasi tersebut, Zoraya Perucha selaku kabid Humas dan Prestasi PB PRSI, memberikan apresiasi kepada tim akuatik Jatim. Menurut dia, Jatim benar-benar mempersiapkan diri untuk mengikuti ajang FAI yang kedua kali ini.

’’Pembinaan Jatim untuk renang dan polo air benar-benar diperhatikan. Mudah-mudahan pembinaan ini berlanjut. Sebab, cabor akuatik Indonesia sangat membutuhkan atlet-atlet akuatik yang andal untuk menjadi pelapis atlet senior,” ucap mantan perenang nasional tersebut.

Ke depan, Ucha berharap Pemerintah Provinsi Jatim lebih memperhatikan pembinaan cabor akuatik. Salah satunya dengan membangun fasilitas yang mumpuni seperti GBK Aquatic Stadium dan Jakabaring Aquatic Stadium. Sebab, kini Jatim dianggap sebagai salah satu parameter prestasi olahraga akuatik di Indonesia.te