Ilustrasi.

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Bagi Anda penggemar sup iga, pastilah bisa merasakan sensasi tersendiri saat daging iga yang digigit bisa empuk dan lembut. Beda jika sup iga yang dagingnya tidak protol dan teksturnya alot, pastilah membuat kita tidak berselera.

Penasaran bagaimana cara memasak iga sapi yang empuk, lembut? Agar lebih jelasnya, simak informasinya berikut ini :

• Pilih daging sapi muda

Dibandingkan sapi tua, iga sapi yang masih muda lebih cocok dijadikan sup karena lebih cepat empuk. Selain itu, pilih iga yang lapisan lemaknya tipis, hindari yang berurat tebal karena butuh waktu lama untuk mengempukkannya.

• Rebus dalam waktu singkat

Jika ingin cepat empuk, Anda bisa memanfaatkan bahan pengempuk, seperti daun papaya/nanas. Caranya cukup baluri parutan nanas selama semenit atau cukup bungkus dengan daun papaya. Baru kemudian rebus dalam air mendidih dalam waktu singkat. Baru kemudian buang air/kaldunya yang keruh.

• Rebus dalam panci presto

Jika tidak ingin ribet, cukup manfaatkan panci presto atau bertekanan. Rebus iga selama kurang lebih 30 menit.

• Rebus lama dalam api kecil

Jika tidak memiliki panci presto, Anda bisa memanfaatkan panci biasa. Caranya cukup rebus dalam api kecil hingga daging empuk protol.

• Bumbui dan amsak hingga matang

Setelah proses pengempukan diatas, Anda bisa membumbui iga sesuai selera dan masak hingga matang.

• Manfaatkan slow cooker

Jika Anda memiliki slow cooker, tidak ada salahnya manfaatkan untuk masak sup iga. Caranya cukup rebus daging sebentar dalam air mendidih, buang airnya. Kemudian masukkan kedalam slow cooker bersama aneka bumbu, masak selama kurang lebih enam jam agar daging empuk, lembut dan protol.vv