Cangkrukan Forkopimda Jatim bersama KPU, Bawaslu, Ketua DPD/DPW Parpol dan tim sukses paslon di Gedung Tribratha Mapolda Jatim, Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Rabu (25/4/2018). (SP/NT)

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Meski gelaran Pemilihan Gubernur Jawa Timur masih beberapa bulan lagi, berbagai pihak berlomba menjaga kondusifitas guna mensukseskan pesta demokrasi. Ketua KPU Jatim Eko Sasmito mengatakan pihaknya kian yakin pagelaran ini bisa dilaksanakan dengan amat baik. "Kita semakin yakin pemilu bisa dilaksanakan tanpa kekerasan dan tanpa hiruk pikuk yang mengakibatkan proses kekerasan di tingkat massa," ujar Eko usai Cangkrukan Forkopimda Jatim bersama KPU, Bawaslu, Ketua DPD/DPW Parpol dan tim sukses paslon di Gedung Tribratha Mapolda Jatim, Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Rabu (25/4/2018).

Eko juga mengapresiasi kekompakan dari beberapa pihak seperti TNI dan Polri yang turut aktif dalam mengamankan proses Pilgub. "Yang dilakukan polri, polda, dan pangdam ini luar biasa. Saya apresiasi acara semacam ini, masyarakat juga tahu bahwa kita pengennya Pilgub baik-baik dan kondusif," katanya.

Menurut Eko, banyak tahapan Pilgub yang sebenarnya cukup krusial. Namun dengan komitmen semua pihak, hal ini bisa diatasi dengan baik. Terlebih, ketika masyarakat menyadari jika Pilgub merupakan proses pencarian pemimpin.

"Jika kita sadar jika pemilu merupakan kegiatan baik untuk mencari pemimpin, saya pikir kita bisa laksanakan dengan damai dan kondusif," tambah Eko.

Sementara itu, Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin mengatakan masyarakat era kini kian dewasa dalam hal berpolitik. Untuk itu, dia ingin masyarakat turut berpartisipasi dalam menggunakan hak suaranya memilih pemimpin yang terbaik.

"Kita melihat pada Pemilukada serentak, masyarakat makin dewasa sehingga pada gilirannya nanti terpilihlah pemimpin yang diharapkan," ujar jenderal bintang dua ini.

Machfud juga mengajak masyarakat agar tidak terlalu tegang dan turut menyambut Pilgub ini dengan sukacita. Rencananya, pihaknya dan TNI juga akan membuat beberapa banner yang berisikan jika aparat tidak memihak salah satu paslon.

Melalui beberapa acara yang dihelat untuk menguatkan konsolidasi, Machfud berharap semua pihak bisa mensukseskan gelaran Pilgub Jatim. Tak hanya itu, dia berharap partisipasi masyarakat bisa lebih besar dari Pilgub sebelumnya.

"Sehingga masih ada proses berlanjut, yg dulunya hanya 55% bisa mencapai apa yang diharapkan kita semua mencapai 79%,". harapnya. Cangkrukan ini tak hanya diikuti Kapolda, Pangdam V/Brawijaya dan jajarannya. Hadir pula Ketua KPU, Ketua Bawaslu, dan perwakilan tiap partai hingga tim sukses pasangan calon.nt