Ilustrasi penerimaan polisi baru

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Sebuah video viral di dunia maya menunjukkan perekrutan anggota kepolisian menggunakan lagu dari penyanyi Via Vallen yang berjudul Sayang. Sepertinya video ini ditunjukkan untuk rekrutmen 2018 ini karena pada awal video dituliskan Rekrutmen Polri Tahun Anggaran 2018.

Dalam video berdurasi 4 menit 8 detik ini sejumlah polisi bernyanyi dan bermain alat musik mengikuti nada dari lagu Sayang itu. Namun tak menggunakan lirik lagu aslinya, mereka mengubah beberapa liriknya sebagai ajakan untuk menjadi polisi pada angkatan baru ini.

Lirik bagian awal lagu tersebut yaitu, "Sayang, apa kamu tahu rekrutmen polisi berharap engkau mengabdi sayang maukah kamu berjanji menjadi polisi yang baik,”.

Pada bagian lain lagu, mereka mencontohkan syarat apa saja yang harus dimiliki oleh seorang polisi baik. Di antaranya adalah badan yang sehat, fisik kuat, pikiran yang waras, dan otak cerdas.

Selain itu dalam lagu itu juga diingatkan untuk mendaftar menjadi anggota baru di Kepolisian tidak dipungut bayaran.

Mereka juga mengingatkan untuk jangan percaya janji dari pihak lain yang akan memasukkan calon peserta untuk jadi polisi. Apalagi banyak pihak tersebut meminta sejumlah uang tapi ternyata hanya penipuan semata.

Dalam bagian lagu lain, mereka juga terus memotivasi untuk semua calon polisi mampu mengikuti semua tesnya dan diharapkan tidak percaya janji dari pihak yang bisa menipu mereka.